NASIONAL

Lion Air: Kesalahan Ada Pada Pilot

Kecelakaan itu bukan akibat kerusakan pesawat namun karena salah belok.
Sabtu, 27 Juni 2009
Oleh : Amril AmarullahEdi Gustan
Lion Air

VIVAnews - Setelah ditutup selama hampir satu jam, Bandara Selaparang kembali beroperasi. Pesawat Lion Air MD 90 yang tergelincir di Runway 09 Bandara Selaparang sudah berhasil ditarik menuju Apron nomor 8.

Kepala Duty Manager Bandara Selaparang Agus Adi Pratono mengatakan peristiwa kecalakaan itu murni kesalahan pilot Lion Air.

"Kecelakaan itu bukan akibat kerusakan pesawat namun karena salah pilot yang salah belok. Pesawat yang seharusnya belok diujung runway di kilometer 2100 malah belok ditengah runway kilometer 1600 sehingga keluar dari landasan," kata Agus kepada wartawan di Bandara Selaparang Sabtu 27 Juni 2009.

Sementara itu hingga kini sebanyak 175 penumpang pesawat Lion Air yang hendak berangkat ke Jakarta masih berada diruang tunggu bandara Selaparang. Diantara mereka terdapat lima wartawan dari media cetak nasional seperti Kompas, Bisnis Indonesia, Gatra dan Suara Pembaruan.

"Pesawat Lion Air yang seharusnya berangkat pukul 14.20 tertunda hingga pukul 18.30. Kami harap penumpang bisa maklum," ujar Agus.

Sejumlah calon penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 653 mengaku khawatir dengan kondisi pesawat itu. Pasalnya pesawat yang hendak ditumpangi adalah pesawat yang baru saja mengalami kecelakaan.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found