Terungkap, Jero Wacik Beli Tiket Lady Gaga dari Dana Menteri

Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin
VIVA.co.id
KPK Resmi Banding Vonis 4 Tahun Jero Wacik
- Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, disebut pernah menggunakan Dana Operasional Menteri (DOM) untuk membeli tiket konser Lady Gaga pada tahun 2012 silam.

KPK Isyaratkan Banding Putusan Ringan Jero Wacik

Hal tersebut terungkap dari keterangan Kepala Bagian Kerjasama Kementerian ESDM, Atena Falahti, saat dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Jero di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, 26 November 2015.
4 Tahun Bui bagi Jero Wacik Dinilai Terlalu Berat


Pada keterangannya, Atena mengakui sering diperintah oleh mantan Sekjen ESDM, Waryono Karno, mengambilkan uang untuk keperluan Jero Wacik. Menurut Atena, uang tersebut diambilnya dari Mantan Kepala Bidang Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara (PPBMN) Kementerian ESDM, Sri Utami.


Sri Utami disebut-sebut sebagai koordinator pengumpulan dana hasil imbal jasa perusahaan rekanan sebagai tambahan Dana Operasional Menteri.


"Biasanya (Waryono mengatakan) 'Pak Menteri butuh dana sekian, tolong hubungi Bu Sri atau ke Keuangan (Kepala Biro Keuangan, Didi Dwi Sutrisnohadi). Ada juga mintakan uang ke Bu Sri untuk Stafsus Presiden, butuh uang setiap bulan," kata Atena.


Menurut Atena, setelah ada permintaan uang, biasanya kemudian ada staf Sri Utami yang mendatanginya dengan membawa uang dengan dibungkus paper bag.


Ketua Majelis Hakim, Sumpeno, sempat mengonfirmasi mengenai penggunaan dana yang diambilkan dari Sri tersebut. Termasuk mengenai pembelian tiket konser Lady Gaga yang menghabiskan dana Rp10 juta.


"Ya, untuk keluarga Pak Menteri," kata Atena.


Menurut Atena, ketika itu, dia dipanggil oleh Waryono yang menyebut bahwa Menteri butuh tiket. Dia mengaku lantas mencarikan dananya ke bagian keuangan.


"Terus cari tiket kemudian tiketnya diserahkan ke protokol untuk diserahkan ke Pak Menteri," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya