Habib Rizieq Sudah Dilaporkan ke Polisi

Rizieq Shihab
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id - Aliansi Masyarakat Sunda yang diinisiasi oleh Angkatan Muda Siliwangi Jawa Barat melaporkan Habib Muhammad Rizieq Shihab kepada Polda Jawa Barat. Laporan ini terkait dengan hinaan salam Sunda yang dilakukan oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu.

Menurut Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS), Noeriy Ispandji Firman, penghinaan salam Sunda yang dilakukan Rizieq, dilakukan dalam sebuah ceramah keagamaan di Purwakarta 13 November lalu.

Noeriy juga  memperlihatkan rekaman video berdurasi sekitar 43 detik yang menampilkan Rizieq sedang berceramah lalu mempelesetkan salam Sunda "sampurasun" menjadi "campur racun"

"Laporan ke Polda Jabar sudah dilakukan kemarin. Kami melaporkan Habib Rizieq karena mempelesetkan sampurasun menjadi campur racun saat diundang ceramah di Purwakarta beberapa waktu lalu," kata Noeriy di Bandung, Rabu 25 November kepada Wartawan.

Noeriy berharap, atas tindakannya itu Habib Rizieq segera meminta maaf kepada seluruh masyarakat Sunda karena telah mempelesetkan salam Sunda.

"Kami mengecam pimpinan Front Pembela Islam, kami juga melarang Habib Rizieq masuk ke Jawa Barat dan menuntut Habib Rizieq Shihab meminta maaf secara terbuka. Itu tuntutan kami," ujar Noeriy.

Lebih lanjut, menurut Noeriy, orang Sunda memang tidak suka berselisih apalagi bertindak dengan sifat kasar.  Namun ketika diganggu dan diusik maka orang Sunda juga bisa melawan karena salam "Sampurasun" bagi masyarakat sunda memiliki arti hormat dan merupakan sebuah doa.

"Saya tegaskan di sini, Sampurasan adalah salam hormat dan doa, sekarang dipelesetkan oleh seorang tokoh, tidak pantas, apalagi itu disampaikan di tanah Sunda," lanjutnya.

Noeriy menjelaskan, Sampurasun menjadi identitas bangsa di antara keragaman suku dan etnis yang ada di Indonesia sehingga jika dipelesetkan maka secara tidak langsung kita melecehkan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain Habib Rizieq, pihaknya juga melaporkan Muhammad Syahid yang juga dianggap telah melecehkan dengan memplesetkan sampurasun di media sosial Facebook.

"Orang Sunda jangan diam dengan pelecehan budaya ini, Secara resmi kemarin sudah melapor ke Polda, tapi kalau Polda tidak mengusut tuntas hal ini kami dan teman-teman akan bergerak," kata Noeriy.

Para Pedagang Makanan Untung 'Diserbu' Pendemo

Laporan: Jay Ajang Bram

Suasana Masjid Istiqlal yang menjadi titik pusat berkumpul peserta demo Tangkap Ahok di Jakarta atas dugaan tindakan penodaan agama, Jumat (4/11/2016)

PPATK Siap Telisik Dugaan Aliran Dana Demo 4 November

Kabarnya, ada aliran dana Rp10 miliar dari mantan petinggi negara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016