Istana Bantah Beli Helikopter AW-101 karena Mewah

Helikopter AgustaWestland (AW-101)
Sumber :
  • agustawestland.com

VIVA.co.id - Istana memastikan, pemerintah akan membeli helikopter baru untuk digunakan Presiden dan Wakil Presiden. Selain itu, heli Agusta Westland (AW)-101 ini juga akan digunakan untuk tamu negara lain.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan, helikopter ini lebih canggih dari Super Puma yang digunakan saat ini. Meski tidak menjelaskan spesifik dan harganya, namun helikopter VVIP ini antipeluru. Namun Pramono membantah, jika tunggangan anyar Presiden dan Wapres ini mewah.

"Yang jelas kalau untuk VVIP ya standar VVIP. Standar VVIP itu yang diutamakan keselamatan, jadi bukan kemewahan kemegahan tapi untuk keselamatan," ujar Pramono di kantornya, Jakarta, Rabu, 25 November 2015.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

Pramono menerangkan, usulan untuk membeli helikopter yang baru itu berasal dari TNI Angkatan Udara. Pertimbangannya, karena memang helikopter yang digunakan saat ini sudah berusia 25 tahun.

"Untuk Presiden Wapres dan tamu-tamu negara. Para menteri nggak boleh ikut kecuali ikut Presiden," katanya menambahkan.

Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, pembelian helikopter AW-101 sudah berdasarkan hasil kajian dan penelitian yang lebih serius. Ia menjelaskan, alasan membeli AW-101, lantaran dia benar-benar mengetahui, helikopter mana yang benar-benar canggih dan layak digunakan oleh Kepala Negara.

"Saya tahu betul, pengalaman bagaimana mengoperasikan pesawat-pesawat yang sekarang ada, bagaimana servisnya, bagaimana kita mencari suku cadang," katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya