Heboh Solaria Diduga Tak Halal, Ini Kata LPPOM MUI

Ketua LP POM MUI, Lukmanul Hakim
Sumber :
  • VIVA / Ricky

VIVA.co.id - Beberapa hari lalu, via broadcast message dan sosial media, beredar surat edaran yang cukup meresahkan. Berita Acara Hasil Pemeriksaan dari operasi gabungan di Balikpapan menyatakan, bumbu campur dan bumbu perendam ayam di restoran Solaria, yang ada di Jalan Sudirman, Balikpapan, mengandung babi.

Razia gabungan ini dilakukan oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Balikpapan, BPPOM Provinsi, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), dan Satpol PP.

Dari delapan bahan makanan yang diuji, dua dinyatakan mengandung bahan tidak halal. Razia itu dilakukan pada Senin, 23 November 2015, guna kenyaman masyarakat dalam mengonsumsi makanan.

Dikonfirmasi tentang berita ini, Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan, lembaga yang mengeluarkan sertifikasi halal MUI ini membenarkan telah melakukan tes makanan dalam razia itu. Hanya saja ini baru anlisa awal, dan LPPOM akan melakukan analisa lebih dalam untuk memastikan kandungan bahan.

“Kami akan melakukan uji banding dan uji lanjutan, mengunakan metode yang lebih tinggi. Saya sendiri menyayangkan, kenapa Berita Acara Hasil Pemeriksaan razia itu bisa bocor, karena hal ini bisa membuat kegaduhan di masyarakat,” ujarnya, Rabu, 25 November 2015.

Lukmanul menjelaskan, sejak mendapat sertifikasi halal, Solaria selalu berada dalam pengawasan LPPOM MUI. Saat berganti bahan, atau bahkan berganti suplier, mereka harus melapor ke LPPOM MUI dan wajib mendapat persetujuan LPPOM.

Selama dalam pengawasan, LPPOM MUI tidak pernah menemukan hal-hal yang melanggar. “Hari ini kami menerima sampel dari bahan yang dicek dalam razia itu, dalam sehari atau dua hari kami baru bisa mengetahui hasilnya,” kata Lukmanul. 

Saat ditanya, apa yang LPPOM MUI akan lakukan, jika temuan dalam razia itu ternyata benar, ia katakan akan bertindak tegas. Sertifikat halal restoran itu akan dibekukan.

MUI Tak Akan Cabut Sertifikasi Halal Solaria

“Namun kalau tidak, ya nama Solaria harus direhabilitasi. Sekali lagi, kami tidak mau gegabah, karena setiap pentanyan harus ada pertangungjawabannya. Intinya, jangan sampai ada pihak yang dirugikan,” katanya. 

Terkait hal ini, Solaria melalui akun resminya di Facebook telah mengelurkan pernyataan bahwa: Semua bahan yang digunakan bersertifikat halal, dan selalu mengikuti semua prosedur serta arahan dari MUI Pusat.

Manager Operasional Solaria, Dedi Nugrahadi.

Terindikasi Memakai Enzim Babi, Omzet Solaria Turun

MUI memastikan bumbu negatif mengandung enzim babi.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2015