Jokowi Tolak Ginjal Susanto, Begini Nasib Anaknya

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • wikybrew

VIVA.co.id - Menteri kesehatan, Nila F. Moelek menyayangkan aksi Susanto yang berusaha menjual ginjalnya kepada Presiden Joko Widodo.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

Susanto nekat menjual ginjal untuk membiayai perawatan anaknya yang menderita penyakit Hepatitis B.

Nila menjelaskan, regulasi di Indonesia tidak mengizinkan jual beli organ tubuh. "Jual beli organ tidak diperkenankan," kata Nila di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa, 24 November 2015.

Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah

Menurut Nila, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pihak rumah sakit untukĀ  merawat anak Susanto. Diketahui, sang anak mengalami komplikasi dan akan di rujuk ke RSCM.

"Anaknya sudah di CT Scan, dan dibius. Ternyata kurang gizi, enggak bisa dibius. Bapak ini sudah menerima bantuan. RS Pandeglang ini juga tetap merawat. Perbaikan gizi dulu, terus nanti kalau sudah baik baru dirujuk ke RSCM. Di RS Pandeglang gratis."

Jokowi Luapkan Kekesalahan kepada Ratusan Kepala Daerah

Sebelumnya, Susanto berusaha menjual ginjalnya kepada Presiden Joko Widodo. Meski pihak istana menolaknya, namun Susanto tetap berjuang demi kesehatan anaknya. Anaknya yang bernama Adrian menderita penyakit Hepatitis B dan penyakit komplikasi lainnya.

(mus)

Ilustrasi formulir pajak

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Sudah jadi budaya di Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016