Suasana Mengerikan di Detik Akhir KM Wihan Tenggelam

KM Wihan Sejahtera
Sumber :

VIVA.co.id - KM Wihan Sejahtera akhirnya tenggelam di Perairan Teluk Lamong, Gresik, Jawa Timur setelah sempat beberapa saat terbalik dari posisi semula.

Inspektur Satu Antonius Trias, Komandan Kapal Perkutut-3005, salah satu kapal Ditpolair Polda Jatim, yang ikut membantu evakuasi menceritakan pengalaman menegangkan menyelamatkan para penumpang di detik-detik akhir kapal berbadan besar itu lenyap dari permukaan laut.

Antonius menceritakan, usai berbenturan dengan sebuah benda besar di dasar laut, Kapal Motor Wihan Sejahtera langsung tak seimbang dan mulai terbalik.

Badan kapal yang memuat lebih dari 100 penumpang dan puluhan kendaraan yang terdiri dari 43 truk besar, 8 truk kecil, 7 mobil, dan 2 sepeda motor itu pun dengan cepat tenggelam ke dasar laut.

"Jeda benturan dengan kapal miring berlangsung cepat, sekitar 15 menit. Banyak barang langsung berjatuhan ke laut dan penumpang panik," ujar Antonius, Senin 16 November 2015.

Teriakan minta tolong dan tangis histeris membahana di tengah suara deru air yang mulai menyeret badan KM Wihan ke dasar laut. Penumpang bergelantungan di badan kapal yang perlahan demi perlahan mulai tenggelam.

Ada juga penumpang yang nekat melompat dari atas kapal ke lautan. Namun, banyak juga yang tetap bertahan di atas kapal.

"Kami langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi pukul 10.15 WIB," ujar Antonius.

Tak hanya petugas kepolisian dan pihak pelabuhan, nelayan dan masyarakat yang melihat peristiwa itu pun langsung turun tangan memberikan pertolongan.

Antonius menuturkan, KM Wihan Sejahtera tenggelam ketika baru beberapa saat lepas jangkar dari Terminal Zamrud, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya guna melanjutkan pelayaran ke Ende, Nusa Tenggara Timur. Baru sampai di depan Pelabuhan Wilmar, Teluk Lamong kapal menabrak benda keras di dasar laut.

"Akibatnya, kapal robek dan bocor. Kapal perlahan oleh dan miring ke kiri," katanya.

Bangkai KM Wihan Ditarik Dua Kapal

KM Wihan tenggelam di Teluk Lamong Surabaya Jawa Timur

KM Wihan yang Tenggelam di Teluk Lamong Tak Berasuransi

Manajemen KM Wihan tak membayar ke Asuransi jasa Raharja.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2015