Anggota Brimob Tewas Ditembak

Kapolri: Jangan Lagi Ada Polisi Ditembak

VIVAnews - Baku tembak terjadi antara anggota Brimob Kepolisian Papua dengan sekelompok orang tak dikenal di Desa Kanoba, Distrik Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya,  Rabu 24 Juni 2009 pukul 12.30 waktu setempat. Satu anggota Brimob, Brigadir Dua Ahmad meninggal dalam insiden tersebut.

Menanggapi insiden tersebut, Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengakui wilayah Papua merupakan daerah yang rawan, terutama di wilayah Jayawijaya. "Yang akan saya lakukan, setelah Juli akan ada penggelaran kebijakan," kata dia  di sela-sela seminar sehari tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Polri di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis 25 Juni 2009.

Namun, Bambang Hendarso belum mau membeberkan kebijakan apa yang akan dilakukan di Papua, alasannya, belum dipaparkan di depan Menteri Koordintaor Bidang Politik dan Keamanan. "Yang jelas kami ingin besok tak ada anggota Polri yang harus kena tembak," tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Papua, Inspektur Jenderal Bagus Ekodanto mengakui bahwa anggotanya mengalami kesulitan dalam melakukan upaya penegakan hukum di kawasan pedalaman, terutama menghadapi aksi gerilya kelompok yang diduga separatis.

"Anggota kami mengalami kesulitan karena OPM menyerang secara gerilya. Apalagi kawasan itu sudah menyatu dengan kelompok tersebut," kata Irjen Bagus Ekodanto seperti yang dilansir dari tvone.co.id.

Aksi terjadi saat konvoi yang diikuti komandan satuan Brimob Polda Papua, AKBP Prasetyo Wardono hendak melakukan pengecekan, sekaligus mengantar sejumlah Brimob yang akan mengantar anggota dalam pengamanan pilpres.

Sampai di desa Kanoba, tiba-tiba dihadang sekelompok, dan terjadi kontak senjata. Kontak senjata terjadi hanya sekitar 50 meter dari Pos TNI 754. Korban, Bripda Ahmad terkena tembakan dipinggang kiri, dan dibawah ketiak.

Sebelum tewas, korban sempat dibawa ke Rumah Sakit Mulia, Puncak Jaya, tetapi ditengah perjalanan meninggal. Saat ini jenazah sudah sampai di rumah sakit Bhayangkara, Jayapura untuk di semayamkan.

Anggota Brimob yang berusaha membalas tembakan, tak kuasa mengejar para penembak yang langsung masuk hutan dan hilang tertutup kabut.

18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE
Mobil hilang kendali, terbang dan menabrak garasi

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sebuah tragedi terjadi di Jurupa Valley, California pada pekan lalu di Amerika Serikat. Di pagi hari yang cerah, mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi memasuki jalan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024