Masa Tugas Tim Satgas Asap Diperpanjang

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan infrastruktur di Kalimantan Tengah.
Sumber :
  • ANTARA/Saptono
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Bencana kabut asap di Provinsi Jambi mulai mereda. Guyuran hujan telah membantu memadamkan sejumlah titik api yang muncul.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau
Meski begitu, tim satuan tugas dari personel TNI masih belum bisa ditarik kembali. Ribuan petugas ini diharuskan merampungkan dulu pembuatan kanal blok untuk menjaga ketersediaan air.

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat
"Kanal-kanal yang telah dibuat harus dirampungkan dulu. Titik-titik rawan harus dipantau, jangan sampai muncul api lagi," kaya Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi, Senin 2 November 2015.

Saat ini, terkhusus di kawasan lahan gambut di Daerah Tanjung Jabung TImur dan Muaro Jambi. Sejumlah pompa air berkekuatan besar terus dikerahkan untuk mengisi air di jalur kanal yang telah dibuat prajurit TNI.

"Beruntung kini cuaca sudah mulai normal. Mudah-mudahan kanal-kanal ini bisa cepat selesai," kata Purwadi.

Dari pantauan, kondisi udara di Provinsi Jambi memang sudah relatif membaik. Salah satu yang sudah bisa berfungsi normal adalah aktivitas penerbangan di bandar udara.

Kini, bandara Sultan Thaha Jambi yang sudah selama dua bulan ini terganggu operasionalnya, kini mulai dipadati penumpang kembali.

Indeks standar pencemaran udara juga sudah mengalami penurunan signifikan, yakni di bawah 100 yang artinya sedang dari sebelumnya pada level berbahaya.

Bayu Alfarizi/Jambi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya