Surabaya Peringati Sumpah Pemuda Keturunan Arab

Perayaan Hari Sumpah Pemuda Keturunan Arab.
Sumber :
  • VIVA/Januar Adi Sagita (Surabaya)

VIVA.co.id - Warga keturunan Arab yang ada di Jalan Ampel, Surabaya, memeringati Hari Sumpah Pemuda Keturunan Arab, Minggu 1 November 2015. Mereka merayakannya dengan mengadakan bazar rakyat di kawasan Ampel Surabaya.

Kiai NU Berpengaruh Wafat

Salah seorang penggagas kegiatan, Nabil Abdullah Karim, mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk mengenang kontribusi warga keturunan Arab dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Karena selama ini memang jarang ada yang memunculkan kontribusi masyarakat keturunan Arab bagi perjuangan bangsa Indonesia," kata Nabil.

Tetangga Freddy Akui Kampungnya Sarang Narkoba

Dia melanjutkan, dengan adanya Sumpah Pemuda Keturunan Arab, yang dilakukan di Semarang pada 4 Oktober 1934, seharusnya warga keturunan Arab harus sudah bisa menjadi bangsa Indonesia seutuhnya.

"Karena dalam deklarasi itu, salah satu butirnya menyebutkan, jika warga keturunan Arab harus meyakini bahwa Indonesia adalah tanah air mereka juga," ujar Nabil.

Inikah Langkah Pertama Bangkitkan Persebaya Kembali?

Rencananya, kegiatan semacam itu akan diadakan setiap tahunnya, di Ampel Surabaya. "Karena acara ini levelnya sudah nasional, makanya menjadi momen penting," lanjut dia.

Selain bazar, peringatan juga diisi oleh orasi sejumlah tokoh. Salah satunya adalah putra Bung Tomo, Bambang Sulastomo.

Bambang menyatakan, warga keturunan Arab merupakan aset penting bagi bangsa Indonesia. "Karena banyak habaib, syaikh, yang merupakan keturunan Arab, bergabung dengan laskar rakyat untuk mengusir penjajah," jelas Bambang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya