Buruh Demonstran Minta Menaker Dicopot

menaker terima demo buruh
Sumber :
  • Dokumentasi Menaker

VIVA.co.id - Massa buruh demonstran bertekad tetap akan bertahan di depan Istana Merdeka. Mereka kecewa dengan pemerintah karena menolak mencabut PP Pengupahan yang dianggap merugikan buruh.

Alasan Delapan Tukang Becak Ingin Terobos Istana

Para delegasi massa buruh sore tadi gelar pertemuan dengan Mensesneg Pratikno, Menakertrans Hanif Dhakiri dan Deputi Presiden Eko Yulianto di kantor Sekretariat Negara. Namun, pertemuan itu dianggap tidak memuaskan. 

Sekjen KSPI, Muhammad Rusdi, seusai bertemu dengan pemerintah mengatakan sangat kecewa dengan ucapan Menaker Hanif, yang mengatakan PP Nomor 78 menjadi yang terbaik bagi buruh. Padahal PP tersebut menjadikan kenaikan upah buruh akan sangat rendah karena formulasi yang sudah diatur berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan keadaan inflasi.

Dekati Pagar Istana, Delapan Pengujuk Rasa Ditangkap

"Maka kita merekomendasikan Menakertrans dicopot dari jabatannya secepat mungkin. Buat kita, upah adalah urat nadi, yang paling substansi. Malam ini kami akan bertahan, apapun risikonya, lebih baik kita menderita sehari daripada menderita setiap tahunnya," kata Rusdi disambut teriakan para massa aksi buruh saat konpres dengan wartawan di tengah-tengah ribuan massa aksi yang masih bertahan jelang malam hari, Jumat, 30 Oktober 2015.

Pantauan VIVA.co.id, ribuan buruh masih bertahan dan terus berorasi setelah tuntutan mereka ditolak pemerintah. Mereka memutuskan untuk bertahan dan menunggu lagi apakah pemerintah berubah pikiran untuk mencabut PP Pengupahan.

"Kita akan pasang badan. Kalau mereka punya pikiran baik pasti malam ini dicabut, atau mereka adalah antek-antek pengusaha hitam, tentunya tidak akan mencabut PP ini," kata Rusdi. (ren)

Pegawai Eks Ditjen Postel Demo Tuntut Insentif di Istana
Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016