Asap Tak Kunjung Hilang, Pemerintah Akan Gelar Konferensi

Sorot Asap Jambi Sorot
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman
VIVA.co.id
Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau
- Hingga kini, pemerintah belum bisa memadamkan api kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. Akibatnya, asap semakin pekat dan meluas ke daerah lain.

Kebakaran Besar Melanda Portugal

Di tengah-tengah bencana ini, pemerintah malah akan membuat konferensi internasional mengenai gambut. Karena diyakini, kesulitan memadamkan api terutama di lahan-lahan gambut.
DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan


"Kita akan segera melakukan konferensi internasional mengenai gambut. Kita akan undang ahli-ahli masalah gambut bahwa ini memang masalahnya bukan hanya masalah Indonesia saja tapi juga masalah internasional," jelas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, usai menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla, di kantornya, Senin 26 Oktober 2015.


Luhut menjelaskan, kalau konferensi ini akan dilakukan pekan ini. Wapres Kalla juga menginginkan pekan ini, tidak perlu besar-besaran.


"Minggu ini kami akan laksanakan, Wapres akan buka sendiri. Tidak perlu besar-besar, mungkin beberapa puluh orang tapi ahlinya. Ahli-ahli dari gambut," jelas Luhut.


Menurut dia, pemerintah ingin agar dunia internasional juga punya pemikiran yang sama. Sehingga bisa hadir ke acara ini.


Sebab, kata Luhut, masalah gambut juga menjadi masalah internasional. Dan Indonesia menjadi bagian karena salah satu negara dengan lahan gambut yang terluas.


"Kita akan minta dunia internasional melihat bahwa lahan gambut salah satu terluas di dunia itu di Indonesia. Kita berharap mereka akan ikut partisipasi untuk restorasi lahan gambut," jelas Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya