Kemarau, Empat Hiu Paus Mati Terdampar di Surabaya

Ikan hiu Paus yang terdampar di Pantai Kenjeran Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id - Empat ekor hiu paus (Rhincodon typus) ditemukan mati akibat terdampar di Pantai Kenjeran Surabaya, Senin, 26 Oktober 2015. Dua di antaranya ditemukan di Kelurahan Kedung Cowek dan sisanya di Kelurahan Tambak Wedi.

Seluruh hiu yang juga dikenal dengan nama Geger Lintang ini, menurut nelayan ditemukan dalam kondisi mati.

“Waktu itu saya sama nelayan lainnya mau ambil jaring, ternyata sudah ada hiu tutul yang terjaring,” ujar Sumali, nelayan di Kelurahan Kedung Cowek.

Lalu, tidak jauh dari tempat itu, juga ada seekor hiu paus lainnya yang terjaring. “Tapi dua ekor hiu itu kondisinya sama-sama sudah mati, lalu kami bawa ke daratan,” kata Sumali.

Di Tambak Wedi, dua ekor hiu mati ditemukan oleh Kelompok Nelayan Kerapu pada Senin dinihari. Kondisi keduanya juga serupa, yakni dalam kondisi mati.

“Kami kemudian membawanya ke daratan untuk dikuburkan satu ekor. Tapi yang satu ekor lagi masih belum kami kubu agar bisa dilihat warga, dan yang mau melihat membayar seiklhasnya,” ujar nelayan setempat, Muhammad Nyoman

Berburu Udang

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging

Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan Dinas Pertanian Pemkot Surabaya Aries Munandar menerangkan fenomena banyaknya ikan hiu yang terdampar di Kenjeran disebabkan oleh musim.

“Kalau musim kemarau seperti ini, atau tepatnya pada bulan September hingga November, sangat banyak hiu yang berada di sekitar perairan Surabaya,” katanya.

Alasannya, kata Aries, hiu-hiu tersebut mengejar udang rebon yang menjadi makanan, dan larinya di perairan sekitar Surabaya.

“Memang saat ini musimnya udang rebon. Mereka mengejarnya dari Australia. Tapi, kalau sudah lewat bulan-bulan itu biasanya hiu-hiu itu akan berada di sekitar perairan Probolinggo,” tuturnya. (ase)

Atasi Krisis Energi Harus dengan Kerja Lintas Sektoral
 Jeffry Nggala, menunjukkan ikan unik yang ditemukannya.

Ikan Unik di Minahasa Diincar Orang Asing

Ikan mirip Hiu ini ditemukan di Pantai Kalingsey Minahasa.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016