Konverensi Asep-Asep

Tidak Semua Asep Bisa Berbahasa Sunda

Tidak Semua Asep Bisa Berbahasa Sunda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mega Dwi Anggraeni
VIVA.co.id - Nama Asep identik dengan warga Jawa Barat. Tapi nama Asep pun ternyata digunakan warga di luar Jawa Barat. Salah satunya pria asal Tegal, Jawa Tengah.
Keren, Pengamen Cilik Main Musik Seperti Orkestra

Asep Sugiarto, warga Tegal itu, tidak pernah mengetahui alasan orang tuanya memberi nama Asep. Padahal, dia sama sekali tidak memiliki darah Sunda.
Menikmati Bandung Plus Plus

"Orang tua saya sudah meninggal dua-duanya. Jadi saya engga tahu sejarah nama Asep. Kemungkinannya karena saya lahir bulan September," katanya kepada wartawam saat ditemui di Konverensi Asep-Asep (KAA), di De'Tuik Resto, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 25 Oktober 2015.
Bandung Terpilih Jadi Uji Coba Bisnis e-Commerce Facebook

Asep mengaku sengaja datang ke Bandung untuk bertemu Asep-Asep lain di KAA. Terlebih, undangan untuk bertemu sudah beberapa kali dia terima dari Paguyuban Asep. Namun dia selalu berhalangan karena terkendala waktu.

Pria berusia 41 tahun itu juga tidak pernah mengetahui arti namanya sampai bertemu seseorang yang mengerti bahasa Sunda saat bekerja. "Katanya, arti Asep adalah kasep alias cakep."

Kejadian unik juga kerap dialami ayah empat anak itu. Misalnya, orang-orang baru dari daerah Jawa Barat kerap mengajaknya bicara dalam bahasa Sunda. "Mereka nyerocos terus sampai saya bilang bukan orang Sunda," katanya.

Berbeda dengan Asep Sugiarto yang tidak tahu asal-asul namanya, Asep Yulianto. Pria yang lahir dan besar di Palembang itu memiliki setengah darah Sunda. Ibunya asal Cimahi, Jawa Barat, dan ayahnya Palembang, Sumatera Selatan. Dia adalah bungsu dan satu-satunya anak lelaki.

Meski memiliki darah Sunda, Asep Yulianto mengaku tidak bisa berbahasa Sunda. Dia mengerti jika keempat kakak dan ibunya berbicara bahasa Sunda, tapi dia tidak bisa mengucapkannya. Terlebih kini dia bertugas di Semarang, Jawa Tengah.

"Saya cuma bisa sedikit, 'punteun' (permisi; maaf) saja," katanya.

Tapi berkat tugasnya sebagai anggota TNI, Asep Yulianto bertemu Asep dari berbagai tempat. Mulai Sabang sampai Merauke. Ketika berjumpa dengan Asep yang lain, dia mengaku senang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya