Asap Sumatera dan Kalimantan Sampai ke Langit Jakarta

Kabut asap selimuti Jakarta
Sumber :
  • Twitter @Sutopo_BNPB

VIVA.co.id - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyebut kabut asap yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan sudah sampai di Ibu kota Jakarta.

Pernyataan Sutopo ini disampaikan di akun resmi Twitter miliknya. Sutopo juga menyertakan peta Indonesia yang tengah diselimuti asap. Dia menjelaskan, sepanjang Jumat kemarin, Jakarta ternyata tertutup asap.

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

"Jakarta sepanjang hari tertutup kabut asap seperti hazy. Asap tipis Sumatera dan Kalimantan telah mengimbas Ibu Kota," tulis Sutopo di Twitter yang diunggah 13 jam lalu.

Seperti diketahui, kabut asap yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan sudah semakin parah.

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan kemarin melakukan rapat terbatas untuk menangani kabut asap. Jokowi menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena dampak asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan.
Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi

"Pertama saya kira sudah dirapatkan di Kemenkopolhukam mengenai proses evakuasi. Saya kira proses itu segera dilaksanakan," kata Presiden Jokowi, dalam pengatar rapat kabinet terbatas (Ratas), di Kantor Kepresidenan, Jakarta, kemarin.


Presiden juga menginstruksikan, agar penanganan ini dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh kementerian yang ada. Dia meminta, untuk jajaran terkait bekerja dengan terpadu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya