Maraknya Hidangan Daging Anjing di Yogya Dikritik Keras

Ritual Korban Anjing Untuk Dewa Besi Ogun
Sumber :
  • REUTERS / Afolabi Sotunde
VIVA.co.id
Konsumsi Daging Anjing di DIY Tinggi, Waspadai Rabies
- Aktivis perlindungan hewan mengeluhkan tingginya kebiasaan warga di Yogyakarta mengkonsumsi daging Anjing. Umumnya daging-daging hewan peliharaan ini akan diolah dalam bentuk tongseng atau pun sate jamu.

Ahok: Penjual Daging Anjing Rabies Bisa Dipenjara

"Di Yogyakarta meski jumlah penduduknya tak banyak namun penggemar daging anjing cukup tinggi. Ini mendorong semakin suburnya warung makan yang menjual menu daging anjing," kata aktivis dari Animal Friends Jogja, Angelina Pane, Kamis 15 Oktober 2015.
Ini Para Penikmat Daging Anjing di Jakarta


Dari penelusuran mereka, setidaknya dalam satu pasokan terdiri atas 60 ekor anjing. Dan itu semua habis terjual oleh pemasok di Yogyakarta.


"Dalam satu minggu bisa mengirim dua hingga tiga kali," ungkap Angelina, Kamis 15 Oktober 2015.


Menurut Angelina, warga Yogya yang gemar mengkonsumsi daging anjing ini lintas agama, usia dan latar belakang budaya.


"Banyak risiko kesehatan jika mengkonsumsi daging anjing, terutama penyakit rabies. Apalagi daerah pemasok anjing yang akan disembelih berasal dari daerah yang belum bebas penyakit rabies, seperti Jawa Barat," kata Angelina.


Jika tidak ada langkah pelarangan penjualan daging anjing makan target pemerintah bebas rabies tahun 2020 tidak bisa tercapai.


"Sebenarnya kampanye stop konsumsi anjing merupakan pintu gerbang untuk mencegah konsumsi hewan tidak lazim lainnya seperti monyet," lanjut dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya