Menko Luhut: Program Bela Negara untuk Disiplinkan Anak Muda

Luhut Pastikan Keadaan WNI yang Disandera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan, menyatakan program bela negara bertujuan untuk mendisiplinkan anak-anak muda. Menurut Luhut, program tersebut akan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan sekolah.

"Karena harus membuat jadi disiplin. Itu akan kita coba masukkan ke dalam program pendidikan di kurikulum SMA sampai ke atas," kata Luhut di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 15 Oktober 2015.

Dia menegaskan bahwa program bela negara itu tidak akan membebani anggaran Kementerian Pertahanan. Lantaran program tersebut akan dilakukan secara bertahap.

"Dilakukan secara bertahap. Dan hemat saya tidak akan membebani, karena bagaimanapun, kita harus memulai apakah itu akan tercapai beberapa tahun ke depan. Saya kira kita lihat dari kemampuan anggaran belanja," ujar dia.

Wapres: Kini Bela Negara Tak Butuh Senjata

Seperti diketahui Kementerian Pertahanan telah membentuk 4.500 kader Pembina Bela Negara yang berasal dari 45 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Targetnya, akan ada 100 juta rakyat yang ikut dalam program bela negara. Secara serentak program ini akan dibuka mulai Senin, 19 Oktober 2015. Program ini akan berkelanjutan hingga 2025. (ren)

Rawan Ajaran Radikal, Ratusan Anak di Depok Ikut Bela Negara

Dibekali pemahaman nasionalis dan latihan fisik.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2016