Tiga Tersangka Kerusuhan di Aceh Singkil Sudah Ditahan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Agus Rianto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id - Polisi telah menetapkan tiga orang tersangka kasus pembakaran Gereja di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Agus Rianto mengatakan, tiga orang tersangka sudah ditahan di Polres Aceh Singkil.

"Sampai saat ini Polres Aceh Singkil, Polda Aceh telah menetapkan tiga tersangka S, N, I, dan telah dilakukan penahanan," kata Agus Rianto di Mabes Polri, Kamis,  15 Oktober 2015.

Agus mengatakan, Polres Aceh Singkil dibantu jajaran Polda Nanggroe Aceh Darussalam terus melakukan pengusutan terhadap kasus pembakaran rumah ibadah, dan melakukan pengejaran terhadap para warga yang diduga melakukan pengerusakan melarikan diri.

Sebelumnya, Kapolda Aceh Inspektur Jenderal Polisi Mochamad Husein Hamidi mengatakan, ada tujuh orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait kasus pembakaran Gereja. Husen mengaku sudah mengantongi identitas ketujuh tersangka lainnya.

"Tersangka melarikan diri. Saat polisi mendatangi rumahnya sudah digembok. Pelaku dalam pengejaran saat ini," ujar dia.

MUI: Polisi Tak Adil Tangani Kasus Tolikara dan Aceh Singkil

Kerusuhan bermula ketika sebuah rumah Gereja yang disebut 'undung-undung' dibakar massa di Desa Sukamakmu, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa, 13 Oktober 2015.

Aksi pembakaran itu dilakukan oleh kelompok orang dalam jumlah besar.
Usai membakar Gereja, massa kemudian bergerak ke lokasi lain. Puluhan polisi bersenjata lengkap yang berjaga tak dapat menghalau massa yang sangat banyak.

Kerusuhan di Aceh Singkil diketahui telah menelan korban satu orang tewas, dan lima warga dilaporkan terluka. Hingga kini kepolisian masih memeriksa sejumlah saksi atas insiden kerusuhan antar agama tersebut.

Kerusuhan di Aceh Singkil

2.000 Prajurit TNI Disiagakan untuk Natal di Aceh Singkil

Aceh Singkil sempat terjadi pembakaran gereja pada Oktober silam.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015