Kapolri: 80 Persen Kekerasan Anak Dilakukan Orang Dekat

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
Depok Catat 147 Kasus Kejahatan pada Wanita dan Anak
- Kekerasan terhadap anak di bawah umur kerap kali terjadi, bahkan angka statistik dari tahun ke tahun terus meningkat.

Telepon Pengaduan Terkait Anak Siap 24 Jam

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, kebanyakan para pelaku kekerasan terhadap anak dilakukan oleh orang dekat.
20 Bocah di Depok Rela Dieksploitasi Demi Game Online


"Kita tahu lebih dari 80 persen kekerasan terhadap anak dilakukan oleh orang terdekat. Bisa dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan lain-lain," ujar Badrodin, Rabu 14 Oktober 2015.


Karena itu, mantan kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri ini mengatakan agar ada upaya penegakan hukum untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian orangtua terhadap anaknya.


"Bagaimana orangtua mengawasi anak ini, bermain dan bergaul dengan siapa. Ke mana perginya. Ortu lah yang bertanggung jawab," katanya.


Kemudian, orangtua harus lebih peka terhadap kondisi lingkungan masyarakat sekitar. Demikian juga dengan para guru di lingkungan sekolah harus lebih memahami, agar peristiwa pembunuhan seperti halnya Engeline di Bali beberapa waktu lalu tidak terjadi.


"Itu yang harus ditingkatkan kesadarannya. Karena di lingkungan domestik, misalnya dalam keluarga kan polisi tidak bisa mengawasi. Oleh karena itu, paling utama keluarga," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya