NU: Gereja Dibakar, Semua Tahan Diri dan Tak Terpancing

Ketua Umum NU, Said Aqil Siroj.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyesalkan aksi pembakaran gereja di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, yang dilakukan sejumlah orang, Selasa siang, 13 Oktober 2015.

Perangi Terorisme, NU Kumpulkan Pemimpin Islam Moderat Dunia

NU berpandangan, apapun alasan yang melatar belakangi, aksi main hakim sendiri, terlebih dilakukan dengan cara kekerasan tidak bisa dibenarkan oleh hukum.

"Islam bukan agama yang mengajarkan kekerasan. Islam adalah agama akhak. Islam agama yang diturunkan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam. Karena itu, Rasulullah Muhammad SAW meneledankan dakwah bil hikmah wal mauidzatil hasanah. 'Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik…' sesuai Surat An-Nahl 125," ujar Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj dalam rilisnya diterima VIVA.co.id, Selasa, 13 Oktober 2015.

Menyusul peristiwa pembakaran ini, PBNU menyerukan agar pihak-pihak yang bersengketa saling menahan diri.

Juru Bicara Eks Gafatar: Kami Punya Hak Berpindah Tempat

"Sikap teduh untuk menjaga suasana tetap tenang dan kondusif sangat dibutuhkan di Aceh Singkil, khususnya di lokasi kejadian untuk saat-saat sekarang ini," tuturnya.

PBNU meminta aparat bertindak persuasif dengan sesegera mungkin membuat langkah-langkah mediasi.

Pemda setempat dengan segenap unsur Muspida, ulama, tokoh masyarakat, dalam hal ini hendaknya mengedepankan prinsip-prinsip maslahah ‘ammah (kepentingan umum) dan penegakan hukum yang tegas, adil, dengan tetap mengedepankan ahlakul karimah. (ase)

PBNU Tawarkan Diri Jadi Juru Damai Iran Vs Arab Saudi
Kerusuhan di Tanjungbalai Dipicu Pengeras Suara Masjid

PBNU Kutuk Perusakan Vihara di Tanjung Balai

Dia imbau umat muslim jangan terprovokasi.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016