Pasca Pembakaran Gereja, Perbatasan Aceh-Sumut Diperketat

SOROT 362-Ratas Penanganan Kebakaran Hutan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi
- Pengamanan pasca pembakaran gereja di wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Nanggroe Aceh Darussalam, terus dilakukan oleh Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?
Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, mengatakan telah menyiapkan langkah-langkah pengamanan di wilayah perbatasan Aceh.

Antisipasi Puncak Arus Balik, Kapolri: Jalur Arteri Bisa Jadi Opsi Atasi Kemacetan
Bahkan, Satuan Setingkat Kompi (SKK) Brigadir Mobil (Brimob) dari Polda NAD sudah diterjunkan ke Kabupaten Aceh Singkil.

"Ada yang 20, ada yang 30 SKK," kata Badrodin Haiti di rumah dinasnya, Jalan Patimura, Jakarta Selatan, Selasa malam, 13 Oktober 2015.

Menurut Badrodin, ada tiga wilayah perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara yang menjadi fokus pengamanan. Hal ini bertujuan agar masa tidak bergerak menuju Aceh Singkil.

"Di antaranya Tapanuli Tengah, Pak-Pak dan Diari. Tiga tempat ini dijaga agar tak ada yang masuk menuju Aceh Singkil," ujar Badrodin.

Mantan Kapolda Jawa Timur menuturkan, Polri akan melakukan upaya menyelesaikan kasus ini secara damai. Tapi, dalam menyelesaikan kasus ini, polisi akan menggandeng pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah perizinan tempat ibadah.

"Kami dorong Pemda untuk memfasilitasi dan memediasi untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik-baik," ujar Badrodin. 

Rencananya, Rabu, 14 Oktober, Kapolri akan mengunjungi Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singgil.

Kunjungan Badrodin ke Aceh tersebut guna meninjau lokasi kejadian pembakaran rumah ibadah di Aceh, sekaligus memberikan pengarahan jajaran anggota polisi yang ada di sana.

"Kami perlu mengarahkan supaya tidak ada lagi kasus (pembakaran rumah ibadah) tersebut," ujar Badrodin. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya