Begini Cara Jokowi Peringati Satu Tahun Pemerintahan

Jokowi Bagi-bagi Sembako
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Tanggal 20 Oktober 2015, tepat satu tahun pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Presiden punya cara tersendiri untuk memperingati masa kepemimpinannya tersebut.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan untuk memperingati satu tahun pemerintahan, Presiden Jokowi akan mengundang seluruh bupati, wali kota dan gubernur seluruh Indonesia.

"Dalam rangka satu tahun Jokowi-JK, Presiden ingin mendengarkan masukan, saran, dan juga tentunya membahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana antisipasi daerah menghadapi reformasi struktural atau perubahan yang mendasar di bidang regulasi," kata Pramono, di Istana Negara Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2015.

Acara itu akan berlangsung pada 21 Oktober. Pramono mengatakan nantinya akan dibagi dalam dua sesi pertemuan dengan seluruh pimpinan daerah tersebut.

Persoalan regulasi yang menjadi penekanan pemerintah dalam mengeluarkan paket kebijakan ekonomi ini, juga akan dibahas. Mengingat, aturan pemerintah pusat juga harus sejalan dengan Pemda. Karena, investasi juga akan dilakukan di daerah-daerah.

"Selain membicarakan regulasi, akan membicarakan serapan anggaran dan Pilkada serentak," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Selain itu, dalam waktu yang sama juga akan diundang seluruh CEO dan direktur BUMN seluruh Indonesia.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

Menurut Pramono, ini dilakukan karena Presiden ingin BUMN mengambil peran tidak hanya menjadi pemain di negara sendiri, tapi juga di luar.

Mengingat, Indonesia juga harus mempersiapkan diri menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Apalagi, sudah banyak regulasi yang dipermudah pemerintah.

"BUMN betul-betul menjadi business entity, maka harapannya banyak BUMN kita yang akan menjadi pemain di kelas dunia. Itu tadi yang Presiden berikan arahan kepada saya," kata mantan Sekjen PDI Perjuangan itu. (ase)

Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah
Ilustrasi formulir pajak

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Sudah jadi budaya di Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016