Malaysia Klaim Pulau Milik Singapura

VIVAnews - Malaysia ternyata tidak hanya mengklaim perairan Ambalat di wilayah perbatasan dengan Indonesia. Ternyata, Malaysia juga mengklaim Pulau Batu Putih milik Singapura.

"Malaysia juga mengklaim Pulau Batu Putih di ujung Singapura, berdasarkan peta yang sama tahun 1979," kata Menteri Luar Negeri, Hassan Wirajuda, saat rapat dengan Komisi I Bidang Luar Negeri, Gedung DPR, Jakarta, Senin, 22 Juni 2009.

Pulau Batu Putih itu saat ini juga masih status sengketa antara Malaysia dengan Singapura. Berdasarkan peta itu pula, Malaysia mengklaim pulau lain milik Singapura, yakni Pulau Pedra Banca.

Menurut Hassan, klaim Malaysia berdasarkan peta itu tidak memiliki landasan kuat. Karena, saat sengketa Pulau Pedrabanca antara Malaysia dan Singapura, Malaysia menggunakan peta yang sama. Tetapi, Mahkamah Internasional mengesampingkan klaim Malaysia atas pulau itu dan menyerahkan kepada Singapura.

"Artinya, peta tahun 1979 tidak diakui mahkamah internasional. Jadi, kalau kita mau berdebat dengan Malaysia, posisi Indonesia lebih kuat," kata dia.

Hassan menilai, soal Ambalat bukan sengketa kedaulatan. Tetapi, sengketa hak negara pantai untuk mengelola sumber-sumber bawah laut di landas kontinen. Landas kontinen ini merupakan permukaan bawah laut di mana negara tidak punya kedaulatan di lokasi itu.

Wartawan Di Malang Tolak RUU Penyiaran, Bikin Teatrikal Pembungkaman Pers

ismoko.widjaya@vivanews.com

Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melakukan agenda penertiban terhadap juru parkir liar di sejumlah titik mengenai hingga kini masih maraknya laporan masyarakat untuk menegakkan peraturan daerah mengenai Juru Parkir Liar.

127 Juru Parkir Liar di Minimarket dan Ruko Diberi Surat

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan sudah 127 juru parkir (jukir) liar di minimarket yang ditertibkan oleh tim gabungan. Adapun rat

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024