Survei: Publik Lebih Percaya KPK Ketimbang DPR

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Lembaga survei Indo Barometer menyebut tingkat kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia menunjukkan hasil yang meyakinkan.

Dari 34 provinsi dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang, survei yang dilakukan dengan metode multistage random sampling ini menemukan sebanyak 82 persen responden masih mempercayai KPK.

Soal Revisi UU KPK, Menteri Yasonna: Publik Salah Paham

Sisanya baru diikuti oleh lembaga TNI 81 persen, Presiden 78,6 persen dan terendah kepada Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah yang berada di bawah 50 persen.

"Lembaga negara yang skor bersihnya paling tinggi adalah KPK, TNI dan presiden. Lainnya di bawah 50 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qadari, Kamis, 8 Oktober 2015.

Hasil survei dengan dengan tingkat kesalahan sebesar lebih kurang 3 persen ini juga menelisik hubungan presiden dan semua lembaga negara tergolong baik di mata publik.

Menurut survei, skor tertinggi adalah antara presiden dengan wapres (83,7%). dan terendah adalah presiden dengan DPR RI (64,9%).

"Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja aparat hukum tertinggi adalah pada KPK. Paling rendah adalah pada advokat atau pengacara," ujar Qadari.

Kemudian, dalam survei, publik juga menilai hubungan antara aparat negara yang dianggap terendah adalah antara KPK dengan Polri, yakni dengan skor 42,7 persen.

"Paling tinggi adalah antara Polri dan Kejaksaan, sebesar 64,4 persen," kata Qadari. (ase)

Gerindra Curiga Barter Revisi UU KPK dan Pengampunan Pajak
Sidang paripurna DPR Bahas RUU Pilkada

Cabut Revisi UU KPK, Demokrat Dekati PKS dan Gerindra

Butuh dukungan pemerintah dan mayoritas partai politik di DPR.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016