Fadli Zon Jadi Presiden Parlemen Antikorupsi Dunia

Fadli Zon dengan keris koleksinya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Fadli Zon, terpilih menjadi Presiden Global Organization of Parlementarians Against Corruption (GOPAC) periode 2015-2018.

Fadli Zon Ingin Pendidikan Jangan Berdasarkan Selera

Fadli terpilih dalam kegiatan 6th Conference Global Organization of Parlementarians Against Corruption (GOPAC) di Yogyakarta yang dihadiri lebih dari 200 perwakilan anggota parlemen dunia.

"Korupsi merupakan bentuk kejahatan yang menghambat hak masyarakat untuk merasakan kesejahteraan. Parlemen memiliki peran strategis dalam melakukan pemberantasan korupsi," kata Fadli melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 8 Oktober 2015.

Selain itu, Fadli menekankan agar GOPAC dapat lebih kuat mendorong negara-negara yang belum meratifikasi konvensi PBB terkait pemberantasan korupsi, untuk segera meratifikasinya.

Sebelum menempati posisi sebagai Presiden GOPAC, Fadli Zon dipercaya sebagai Chairman GOPAC Indonesian Chapter, dan anggota Board Members GOPAC. Fadli sendiri menggantikan Presiden sebelumnya Ricardo Garcia Carventes dari Mexico.

GOPAC merupakan organisasi yang mewakilkan anggota parlemen dari seluruh dunia yang memiliki visi pemberantasan korupsi. GOPAC didirikan tahun 2002 sebagai hasil dari Global Conference di Ottawa yang dihadiri oleh 170 anggota parlemen dan 400 observer dari seluruh dunia.

GOPAC memiliki agenda utama mempromosikan peran parlemen dalam upaya pemberantasan korupsi. Sebagai sebuah organisasi global, peranan GOPAC sangat penting untuk dalam melawan tindak kejahatan korupsi secara kolektif.

Konferensi GOPAC keenam ini dilaksanakan di Yogyakarta, Indonesia dari 6-7 Oktober 2015. (ase)

Istri Hatta Rajasa dan Fadli Zon kunjungi Solo

Fadli Zon Antusias dengan Koalisi Kekeluargaan

Koalisi Kekeluargaan itu diusung 7 parpol untuk siapkan penantang Ahok

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016