Hujan dan Angin Kencang di Bandung Merusak Puluhan Pohon

Bencana banjir dan angin kencang yang menimpa Kota Bandung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa
VIVA.co.id
Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
- Akibat hujan lebat disertai angin kencang, sebanyak 31 pohon di Bandung mengalami kerusakan. Delapan pohon di antaranya tumbang, hingga tercabut dari akarnya.

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

“31 pohon mengalami kerusakan, karena patah rantingnya. Sementara yang tumbang ada delapan pohon,” kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Arif Prasetya, Rabu 7 Oktober 2015.
Kota Padang Dilanda Banjir, Warga Diminta Evakuasi Sendiri


Arif menjelaskan, dari delapan pohon yang terdapat di Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Ganeca, Jalan Lombok, Jalan Sidomukti, Jalan Rancabolang, Jalan BKR, Jalan Hegarmanah, dan di Jalan Taman Sari, hanya satu pohon yang menyebabkan kerusakan.


“Pohon yang di Jalan Ganeca, tercabut dari akarnya dan menimpa empat kendaraan yang sedang parkir,” ujarnya. Dia juga mengatakan, pohon yang terdapat di Jalan Ir. H. Djuanda pun tumbang hingga akarnya tercabut dari tanah.


Menurut Arif, kedua pohon angsana tersebut sudah berumur. Sehingga tidak kuat menahan tiupan angin kencang datang sebelum hujan deras.


Selain menyebabkan pohon tumbang, hujan lebat yang mengguyur Bandung  selama kurang lebih dua jam itu juga menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Salah satunya di kawasan Jalan Jakarta.


Berdasarkan penuturan salah satu saksi mata, Endang Prayekti Rahayu, 51, banjir di kawasan tersebut mencapai pinggang orang dewasa.


“Di dekat Lapas Kebon Waru, banjirnya hampir mencapai pinggang orang dewasa,” katanya.


Dari hasil pantauan, hujan deras yang mengguyur Bandung terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Hujan baru berhenti sekitar pukul 15.30 WIB. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya