Jokowi Setuju Bangun Markas Polda Jateng yang Terbakar

Yuddy Chrisnandi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto
VIVA.co.id
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi berkomitmen akan melakukan pembangunan gedung Polda Jawa Tengah paska hangus terbakar pada Rabu, 30 September 2015 lalu. Menurut Yuddy, itu sesuai instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

"Pak Kapolda Jawa Tengah (Irjen Pol Nur Ali) sudah bicara dengan Presiden. Bapak Presiden akan memberikan dukungan untuk perbaikan kerusakan yang ada," kata Yuddy di sela-sela meninjau area kebakaran Mapolda Jateng di Semarang, Selasa 6 Oktober 2015.
Jokowi 'Semprot' Ahok Soal Serapan Anggaran


Terkait anggaran yang akan digunakan untuk membangun kembali gedung Mapolda, kata Yuddy, kemungkinan besar akan diambilkan dari APBN 2016 mendatang. Sebab, pembahasan APBN tahun depan saat ini sedang dibahas bersama dengan DPR.


"Nanti saya akan sampaikan ke Kepala Satker agar pembangunan kembali gedung mapolda jateng bisa jadi prioritas," kata dia.


Yuddy menambahkan melihat kerusakan yang ada, pembangunan gedung paska kebakaran itu tak mungkin tambal sulam. Mengingat kerusakan yang cukup parah di tiga lantai gedung B. Nilai pembangunan gedung baru nanti bahkan ditaksir lebih dari Rp100 milar.


"Ketika itu dibangun kembali perlu interegasi dengan bangunan utama. Jadi ya biayanya relatif cukup besar, tapi seefisien mungkin. Kalau dari laporan pak kapolda biaya kira-kira diatas Rp100 milyar tapi dibawah Rp 200 miliar," ujar dia.


Meski demikian, taksiran dana itu masih akan dibahas lagi antara eksekutif bersama legislatif. Terlebih perencanaan gedung harus dilakukan dengan matang. Belum lagi rencana gedung baru nanti akan diintegrasikan dengan gedung utama.


"Ini harus dibersihkan dulu. Nilai bukunya dinolkan dulu, mungkin didepaksasi melalui proses assistment, baru setelah itu pembangunan," katanya.


Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Liliek Darmanto sebelumnya menyatakan, design gedung baru Polda Jateng ke depan akan tergabung satu sama lain dengan gedung utama (gedung A). Jika sebelumnya, gedung B yang terbakar memiliki 3 lantai utama, maka gedung baru nanti dibangun enam lantai dan ditambah basement untuk parkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya