Tersangka Kasus Pembunuhan Salim Kancil Bertambah

22 tersangka pembunuh Salim Kancil digelandang ke Polda Jawa Timur
Sumber :
  • Tudji Martuji

VIVA.co.id - Tersangka kasus pembunuhan Salim Kancil, pengeroyokan Tosan dan pertambangan ilegal di Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, terus bertambah.

Sebelumnya ada 33 orang yang dijadikan tersangka, sekarang bertambah menjadi 37 orang. [Baca: ]

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol R Prabowo Argo Yuwono,
mengatakan 37 orang itu disangka terlibat dalam kasus pidana umum dan pidana khusus.

Sebanyak 24 orang ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Salim Kancil dan pengeroyokan terhadap Tosan. Untuk 13 tersangka lainnya, ditetapkan tersangka dalam kasus tambang ilegal.

"Kalau bilang total jumlah tersangka adalah 31 orang," kata Kombes Pol Argo.

Argo menjelaskan penyidik menjerat para pelaku ke dalam dua perkara pidana, yakni kasus pembunuhan, pengeroyokan masuk pidana umum. Kemudian kasus kepemilikan tambang ilegal (masuk pidana khusus).

"Yang sudah dilakukan penahanan di Mapolda Jatim 25 orang, enam orang masih diperiksa di Lumajang. Kemudian dua masih anak di bawah umur tidak dilakukan penahanan," ujar Argo.

Dari 37 orang yang jadi tersangka salah satunya Kepala Desa Desa Selok Awar-Awar, Hariyono, yang diduga sebagai otak pembantaian terhadap Salim dan Tosan. Selain itu, seorang pengusaha berinisial R juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain terlibat dalam pertambangan pasir ilegal, juga diduga sebagai pemberi dana dalam pembunuhan dan penganiayaan aktivis.

Kades Pembunuh Salim Kancil Rutin Suap Muspika

Karena menolak kegiatan tambang pasir ilegal di Lumajang, Salim Kancil tewas dibantai, dan Tosan mengalami luka serius akibat dihantam berbagai benda keras pada Sabtu, 26 September 2015. []

Mereka dianiaya oleh puluhan orang yang dikenal dengan sebutan Tim 12. Tim inilah yang dikendalikan oleh Kepala Desa Hariyono.

Tosan Rekan Salim Kancil Kebal Ditebas Aneka Senjata Tajam
Pembunuhan Petani Salim Kancil di Lumajang Jawa Timur.

Kisah Tangisan Anak TK Iringi Penyiksaan Salim Kancil

Banyak saksi yang ceritakan kebrutalan pengeroyok

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2016