Negara Harus Ciptakan Kesejahteraan Sosial

Pimpinan Fraksi PAN MPR Ali Taher
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Kesejahteraan sosial adalah cita-cita bangsa Indonesia. Cita-cita ini tidak berubah sejak negara ini berdiri hingga sekarang. Permasalahannya adalah apakah cita-cita tersebut sudah terwujud atau masih dalam proses. Lalu apakah parameter rakyat sejahtera dan bagaimana peran negara untuk mewujudkan kesejahteraan sosial secara merata.

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

Hal tersebut menjadi pembahasan serius dalam program Dialog Empat Pilar MPR dengan tema “Kesejahteraan Sosial” dengan narasumber utama Pimpinan Fraksi PAN MPR Ali Taher, yang ditayangkan Inews TV, Minggu 4 Oktober 2015.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?


Dalam dialog tersebut, Ali mengungkapkan, ukuran rakyat sejahtera adalah tercukupinya kebutuhan sandang, pangan dan papan masing-masing warga negara.  Selain itu parameter bisa diperluas kesehatan harus terjamin, infrastruktur jalan yang bagus, transportasi publik yang memadai.  Dan negara harus memperhatikan hal itu dan mewujudkannya.


"Namun, sampai saat ini kesejahteraan yang diidam-idamkan belum terjadi dan masih jauh, masih berproses.  Tingkat kemiskinan di negara kita saja masih cukup tinggi.  Nah tugas negara itulah yang membangun rakyat agar bisa menikmati kehidupan yang adil dan sejahtera," ujarnya.


Perekonomian Indonesia yang makin memburuk sekarang ini, menurut Ali taher, bukan dikarenakan pemerintah gagal total dalam upaya mensejahterakan rakyatnya tapi perekonomian Indonesia terdampak oleh situasi perekonomian global yang memang bermasalah tapi berdampak sangat keras dikehidupan ekonomi rakyat.


Menurut Ali, yang paling terdampak dari masalah perekonomian adalah rakyat kecil contohnya buruh. Tercatat, sudah 26 ribu lebih buruh terkena PHK, bahkan ada yang mentagakan sampai 300 ribu orang buruh terkena PHK, inilah potret dampak sosial akibat perekonomian Indonesia anjlok. “Pemerintah harus meredam gejolak-gejolak ini supaya tidak makin meluas,” ujarnya.


Jika gejolak-gejolak sosial tersebut tidak segera diatasi, Ali khawatir akan menimbulkan gangguan-gangguan keamanan nasional. Peran negara selama ini terlihat hadir tapi belum maksimal dalam upaya mengatasi permasalahan perekonomian nasional saat ini. Indeks pertumubuhan ekonomi nasional harus diupayakan naik oleh pemerintah.


Ali mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi naik, maka akan berdampak kepada naiknnya investasi dan efek dominonya akan berdampak positif  terbukanya lapangan kerja baru. Sebab, ini harus disadari pemerintah bahwa pertumbuhan angkatan kerja baru setiap tahun adalah dua hingga tiga juta orang.


“Ini adalah satu persoalan serius jika pemerintah tidak hati-hati dalam menangani masalah perekonomian nasional,”katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya