Menteri Puan Pidato di Markas PBB, Tekankan 'Gotong Royong'

Puan Maharani di New York
Sumber :
  • Dok.ist di KTT Pengesahan Agenda Pembangunan Pasca-2015
VIVA.co.id
Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah
- Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menyatakan pentingnya negara-negara berkembang bergotong royong dalam upaya pencapaian target-target dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Bursa Asia Dibuka Bervariasi Menanti Kebijakan BOJ

Demikian disampaikan Menko Puan Maharani di depan peserta Interactive Dialogue on "Delivering on A Revitalized Global Partnership" di Markas Besar PBB, New York, Sabtu 26 September 2015 atau Minggu 27 September 2015 waktu Indonesia.
Bursa Asia Dibuka Bervariasi, Indeks Nikkei Anjlok 1 Persen


Menko Puan Maharani menyoroti masih tingginya tingkat kemiskinan di dunia meskipun jumlahnya sudah jauh berkurang dibandingkan 15 tahun lalu saat MDGs baru dicanangkan. Upaya pembangunan di negara-negara berkembang dipandang akan semakin berat dengan munculnya tantangan-tantangan baru. Menurutnya, kerja sama internasional dibutuhkan untuk membantu negara-negara berkembang mencapai tujuan pembangunannya.


"Meskipun tanggung jawab utama pembangunan ekonomi dan sosial berada di tangan masing-masing negara, kerja sama internasional diperlukan untuk membantu negara-negara berkembang dengan memperhatikan prinsip keadilan sosial dan kemanusiaan," jelas Menko Puan melalui pernyataan tertulis kepada
VIVA.co.id.


Menko Puan mengatakan bahwa agenda pembangunan global yang baru disahkan ini lebih ambisius dengan cakupan tujuan dan target yang lebih luas. Hal ini dipandang akan membuat tugas pemerintah di negara-negara berkembang menjadi lebih berat.


"Untuk mempercepat upaya pencapaian target dan tujuan pembangunan, negara-negara berkembang perlu memperkuat kerja sama internasional yang berlandaskan azas gotong royong," tegasnya.


Menurut Puan, hal penting lain yang diperlukan negara berkembang adalah pembukaan akses pasar yang luas di samping kesempatan untuk mengembangkan industrinya dan memproduksi barang yang memiliki nilai tambah.


Menutup pernyataannya, Menko Puan Maharani menegaskan pentingnya kemitraan antara pemerintah dengan kalangan swasta dan masyarakat sipil yang berperan besar dalam penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat.


"Kemitraan tersebut akan memberi dampak positif yang kuat dalam meningkatkan hajat hidup masyarakat yang membutuhkan," ujar Puan.


Kunjungan Menko Puan Maharani ke New York kali ini adalah dalam rangka mendampingi Wapres Jusuf Kalla menghadiri KTT Pengesahan Agenda Pembangunan Pasca-2015 dan Sidang Majelis Umum PBB ke-70. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya