Aktivitas Merapi Anak Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani Kembali Dibuka

VIVAnews - Wisata dan pendakian Gunung Rinjani di kawasan Sembalun Lombok Timur, hari ini Kamis 18 Juni resmi dibuka kembali. Pembukaan jalur pendakian itu dilakukan untuk memfasilitasi wisatawan asing menikmati alam Gunung Rinjani.

Dengan dibukanya jalur pendakian Rinjani, masyarakat Sembalun juga dapat menjalankan aktivitas mereka baik sebagai Porter maupun pemandu wisata.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTB Heriyadi Rachmat mengatakan pembukaan jalur pendakian Sembalun itu telah disetujui oleh Pusat Geologi Fulkanologi dan Mitigasi Bandung.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

"Kami sudah koordinasi sengan Pusat Geologi Fulkanologi dan Mitigasi Bandung dan sudah mendapat surat persetujuan resmi," kata Heriyadi kepada VIVAnews.

Dia menambahkan dengan dibukanya pintu Sembalun itu diharapkan perekonomian masyarakat Sembalun yang lumpuh selama tiga bulan terakhir. Bahkan sejak pintu pendakian itu ditutup sebanyak 150 porter dan pemandu wisata tidak lagi bekerja.

Meski dibuka kembali, Distamben NTB membuat peraturan khusus yakni masyarakat setempat diminta membuat plang pengumuman yang bertuliskan peraturan.

"Wisatwan asing yang mendaki Rinjani tidak diperbolehkan mendaki hingga puncak gunung termasuk turun ke Danau Segara Anak,"ujar Heriyadi.

Jalur pendakian itu juga akan dijaga ketat petugas pemantau gunung Rinjani dan petugas Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Petugas nantinya juga melakukan patroli keseluruh kawasan Rinjani untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Sebab hingga saat ini status Gunung Rinjani masih waspada akibat meletusnya gunung barujari.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Anies-Muhaimin

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Anies Baswedan mengatakan ada peluang Prabowo Subianto mengundang dirinya untuk melakukan pertemuan usai putusan MK karena sebetulnya hanya lawan dalam pemilu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024