Satu Jemaah Wafat di Tragedi Mina dari Pontianak

Jemaah haji saat berada di jembatan menuju Jamarat, Mina.
Sumber :
  • theguardian.com

VIVA.co.id - Saiyah Syahir Abdul Gafar (50), salah seorang jemaah haji Indonesia yang meninggal dalam tragedi Mina ternyata berasal dari Kalimantan Barat.

Kepastian ini didapat dari Ketua PPIH Embarkasi Batam, Marwin Jamal, Jumat 25 September 2015. Ia mengatakan bahwa belum ada laporan jemaah haji asal Kepulauan Riau yang meninggal terkait tragedi Mina.

Arab Saudi: Investigasi Tragedi Mina Masih Butuh Waktu

[Baca juga: ]

"Alhamdulillah jemaah dari Kepri tidak ada yang jadi korban. Dari Embarkasi Batam memang ada satu yang meninggal yaitu jemaah dari Kalbar, tepatnya dari Pontianak, bukan dari Kepulauan Riau," kata Marwin.

Marwin menjelaskan bahwa Saiyah Syahir Abdul Gafar atau jemaah asal Kalimantan Barat berangkat melalui Embarkasi Batam pada kelompok terbang (Kloter) 14. Sementara itu, jemaah Kepri bergabung pada kloter 1 dan 15.

[Baca juga: ]

Ia juga menjelaskan, Saiyah Syahir Abdul Gafar dengan identitas asal Kloter Batam (BTH) 14, maktab satu, nomor paspor A2708446 tersebut akan dimakamkan di Tanah Suci.

Pada berita sebelumnya, seorang jemaah haji asal Batam bernama Saiyah, dikonfirmasi menjadi satu dari tiga warga negara Indonesia yang meninggal dalam tragedi Mina, Kamis 24 September 2015.

Seperti diketahui, informasi itu disampaikan melalui Wakil Dubes RI di Riyadh, Sunarko, melalui keterangan pers pukul 16.00 waktu Arab Saudi. “Sampai pukul 16.00 waktu Arab Saudi, dapat diidentifikasi 3 WNI jemaah haji meninggal akibat musibah Mina,” ujar Sunarko.

Putra Mahkota Saudi Gelar Pertemuan Soal Tragedi Mina

[Baca juga: ]

Para korban tersebut adalah Hamid Atuwi, laki-laki asal Surabaya, Saiyah perempuan asal Batam, dan seorang jemaah laki laki yang belum diketahui namanya, karena tidak ada gelang identitas di tangan.

Namun diketahui, pria tersebut berasal dari Probolinggo, Safari Travel. Identitas korban tersebut sedang dicek lebih lanjut di data haji. “Sementara itu, satu orang korban lagi dalam kondisi serius dan saat ini dirawat di RS Annur Mekkah," kata Sunarko.

Laporan ini disampaikan Sunarko setelah bersama Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dan dirjen Haji mengunjungi RS Al Jisr Mina.

Jamaah haji dapat perawatan saat tragedi di Mina

Jumlah Korban Tragedi Mina 2.070 Jiwa

Hitungan Reuters tiga kali lebih banyak dari hitungan pemerintah Saudi

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2015