Gayus Tambunan Akui Mampir ke Restoran

Gayus HP Tambunan RDP di Komisi III DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Narapidana kasus korupsi pajak, Gayus Halomoan Tambunan mengakui bahwa dia memang sempat menyambangi sebuah rumah makan untuk makan siang pada 9 September 2015 lalu.

Gayus Tambunan Curhat, Dia Mengaku Kesepian di Rutan

Hal tersebut terungkap dari pemeriksaan sementara dari tim Bina Keamanan dan Ketertiban Kementerian Hukum dan HAM.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengklarifikasi foto yang menunjukkan Gayus bersama dua orang wanita yang sedang berada di sebuah rumah makan. Padahal, Gayus seharusnya tengah menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin.

"Tadi malam Gayus mengakui sempat mampir keluar makan siang, dan pengakuannya nggak kenal dengan dua perempuan itu. Nah, ini yang akan ditelusuri lebih lanjut lagi kok bisa nggak kenal," kata Kasubag Humas Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Akbar Hadi, saat dikonfirmasi, Selasa 22 September 2015.

Akbar menyebut restoran yang disambangi oleh Gayus kemungkinan besar berada di Jakarta. Namun dia mengaku masih belum mendapat informasi secara detail.

Dia menambahkan, selain memeriksa Gayus, tim juga akan memeriksa petugas yang mengawal Gayus serta pejabat terkait lainnya.

"Tim dari pusat sekarang melakukan pemeriksaan kepada pengawal dan beberapa pejabat terkait. Gayus diisolasi nanti tentu ada tindakan lain," ujar Akbar.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly geram dengan aksi keluyuran Gayus Tambunan di luar lapas. Yasonna berjanji, kali ini tidak akan memberi peluang mantan PNS Dirjen Pajak itu untuk berbuat sesuka hatinya. Termasuk, bebas kelayapan di luar.

"Dia (Gayus) cari perkara ama gue," kata Yasonna geram.

Menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini juga meminta Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM untuk mengisolasi Gayus. Caranya dengan membuang mantan pegawai Dirjen Pajak itu ke lapas khusus narkoba di Gunung Sindur.

"Saya berpikir supaya jangan terbiasa, kami kirim ke Gunung Sindur. Kan kami mau buat tempat khusus untuk narapidana bandar narkoba yang jahat-jahat itu," ujar Yasonna. (ase)

Menteri Yasonna: Gayus Pindah Saja ke Nusakambangan
Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lapas ini ditetapkan sebagai rumah tahanan bagi napi terlibat narkoba.

Rutan Gunung Sindur Jadi Lapas Narkoba

Pernah jadi rumah bagi napi korupsi pajak Gayus Tambunan.

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2015