Tertangkap Basah Tebangi Hutan, 23 Warga Diamankan

Ilustrasi/Penebangan pohon liar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Sebanyak 23 pekerja asal Pulau Jawa tertangkap basah sedang melakukan penebangan hutan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Aksi pembalakan liar ini terungkap saat petugas gabungan Marinir dan TNI Angkatan Darat Sriwijaya II Sumatera Selatan sedang melakukan kegiatan pengeboman air untuk pemdaman kebakaran pada Senin 21 September 2015.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Baca juga:



"Selain menebangi hutan, mereka juga melakukan pembakaran hutan. Setidaknya sudah lebih dari 1.000 hektare yang sudah dibakar," kata Kapolsek Bayung Lincir Musi Banyuasin Selatan, AKP R Yadi Nurcahyanto, Selasa 22 September 2015.

Sayangnya, saat operasi penggerebekan ini, petugas tak berhasil meringkus pimpinan dari para pekerja tersebut. "Kepala buruhnya sudah melarikan diri lebih dulu sebelum digerebek," kata Nuscahyanto.

Baca Juga:


Saat ini, guna pemeriksaan lebih lanjut, 23 pekerja asal Jawa ini kini ditahan di kepolisian setempat. Barang bukti berupa mesin chainsaw serta ribuan kayu yang sudah dipotong sudah disita untuk menjadi barang bukti. (one)

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Junjati Patra/Sumatera Selatan

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016