Menhan Klaim Warga Tolikara Sudah Akrab

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu Silahturahmi dengan Wartawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengklaim situasi Tolikara sudah aman dan kondusif setelah insiden kerusuhan dalam perayaan hari raya Idul Fitri pada 17 Juli 2015. Bahkan, katanya, warga sudah kembali akrab.
Pemerintah Diminta Tak Diskriminasi Umat Islam

Pemerintah, menurut Menteri, tak akan menambah personel keamanan untuk menjaga ketertiban di sana. Aparat keamanan yang berada di sana pun diarahkan untuk membantu meningkat lagi komunikasi antarwarga.
Ini Dua Kasus Intoleransi Paling Parah di Indonesia

"Enggak terlalu (banyak pasukan), cuma meningkatkan komunikasi, termasuk dengan masyarakat sana. Selama ini, sejak kejadian tersebut, kan para warga jadi akrab," ujar Ryamizard seusai rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks Parlemen di Jakarta pada Senin, 21 September 2015.
MUI: Polisi Tak Adil Tangani Kasus Tolikara dan Aceh Singkil

Menteri juga menjelaskan bahwa warga sudah menyadari dan saling memahami bahwa mereka membutuhkan perdamaian. Dia meyakini tak ada lagi warga atau pun kelompok yang menginginkan kerusuhan itu terulang lagi.

Sebelumnya, Kepala Polri, Jenderal Badrodin Haiti, menyatakan siap menambah kekuatan pengamanan guna menjamin keamanan pelaksanaan hari raya Idul Adha di Tolikara, Papua. 

Dia telah memerintahkan Kepala Kepolisian Daerah Papua untuk menyelesaikan seluruh persoalan di Tolikara, termasuk menyelesaikan proses hukum yang sedang berjalan tanpa terganggu isu yang berkembang setelah kerusuhan. Dia berharap insiden Tolikara yang terjadi saat Idul Fitri tak terulang pada Idul Adha. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya