Wapres: Populasi Besar Jadi Kekuatan Indonesia

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Kendalikan Penduduk, Pemerintah Kembangkan Kampung KB
- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan seharusnya besarnya populasi Indonesia menjadi sebuah kekuatan. Populasi yang besar justru bisa menarik negara lain untuk datang ke Indonesia.

KB Dinilai Solusi Tepat Kurangi Dampak Perubahan Iklim

"Yang harus kita ubah bahwa penduduk 250 juta bukan beban, tetapi tenaga yang tinggi sekaligus konsumen yang besar," katanya saat menjadi pembicara kunci pada Acara Seminar Tingkat Tinggi tentang Isu-Isu Kependudukan dan Pembangunan di Indonesia, di Jakarta, Senin 21 September 2015.
Tekan Populasi Dunia, Pria Harus Divasektomi


JK menjelaskan besarnya populasi ini justru menjadi daya tarik dunia. "Ubah
knowladge
, penduduk besar ini bukan sebagai beban tapi sebagai sebuah keuntungan," kata JK.


Menurutnya banyak negara yang telah berhasil dengan mengubah konsep ini. Di antaranya China yang telah menjadikan masyarakatnya menjadi sangat produktif.


"India begitu khawatir penduduk besar, maka KB sangat keras, diburu untuk fasektomi, tapi sekarang kesadaran jumlah penduduk dengan menjadikan ekonomi maju," kata dia.


Kemajuan negara-negara tersebut dicapai dengan peningkatan kualitas dan pemerataan sektor industri. Sektor industri bisa menyerap tenaga kerja lebih besar dari pertanian.


Karena itu menurut politikus senior partai Golkar ini harus disiapkan strategi baru dalam mengelola keseimbangan antara pembangunan pertanian dan industri, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya