Pengusaha Sawit: Tolol Kalau Kami Bakar Lahan Sendiri

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Fadhil Hasan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id - Direktur Ekesekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Fadhil Hasan mengecam tudingan bahwa perusahaanlah yang menjadi penyebab di Sumatera dan Kalimantan.

Ia juga mengklaim, data yang menyebut bahwa sumber api berasal dari ]

"Apa yang terjadi (saat ini) itu, bukan berasal dari oleh perusahaan. Itu dari luar areal yang merembet ke wilayah konsensi," kata Fadhil di Jakarta, Minggu 20 September 2015.

Fadhil juga memastikan, jika ada asumsi bahwa kebakaran itu kemudian disengaja oleh perusahaan, kebijakan itu adalah keputusan yang gegabah dan bodoh yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

"Kalau perusahaan yang bakar (di ) itu perusahaan goblok dan tolol," katanya.

"Itu jelas merugikan mereka sendiri, sudah rugi finansial, didenda, sampai dipidana. Tidak masuk logika, kalau ada perusahaan yang sengaja membakar."

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Pemerintah tak becus

Selama ini, lanjutnya, jika terjadi kebakaran di sebuah daerah yang berdekatan dengan perusahaan. Sebagian besar perusahaan sudah melakukan upaya penanggulangan.

Bahkan, beberapa di antaranya sudah membuat laporan ke pemerintah setempat, atau pun ke kepolisian atas kasus itu.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

[Baca Juga: dalam menanggulangi asap pekat, sehingga menyelimuti negara tetangga sebelah, seperti Malaysia dan Singapura.

"Saya khawatir ini bentuk dari ketidakmampuan pemerintah dalam menangani masalah yang terjadi ini, sehingga kesalahannya dilimpahkan ke perusahaan. Bukannya ditanggulangi, tetapi malah menyalahkan dunia usaha," katanya. (asp)

Airlangga Hartarto

Ada Moratorium, Investasi Sawit Tetap Berjalan Baik

Kepastian hukum investasi CPO tetap terjaga baik.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016