Bronkitis, Sebab Bocah Pencandu Rokok Itu Kerap Pingsan

Berhenti merokok bukan perkara mudah.
Sumber :

VIVA.co.id - Bocah KA, yang menjadi pecandu rokok meski usianya baru 5 tahun divonis menderita bronkitis oleh dokter. Penyakit saluran pernafasan ini yang menyebabkan bocah asal Semarang, Jawa Tengah ini kerap pingsan.

Sri Lestari, 35, ibu KA mengaku sudah berusaha semaksimal mungkin  menghilangkan kebiasaan buruk anaknya itu. Dia juga mengakui anaknya kerap mengalami gangguan kesehatan karena rokok.

"Saya sudah lama periksakan ke dokter. Katanya hasil rontgen penyakitnya bronkitis. Dokter juga sudah tahu kalau anak saya merokok," kata Sri Lestari di Semarang, Kamis 17 September 2015.

Kini keluarga Sri yang tinggal di kelurahan Pandean Lamper, Gayamsari, Semarang, hanya bisa pasrah karena kebiasaan merokok KA belum juga bisa disembuhkan. Dia berharap masalah ini bisa diatasi.

Tujuh Bahan Berbahaya pada Rokok Selain Nikotin

Saat ini KA tinggal bersama ibu, nenek, dan dua kakaknya. Sedangkan ayahnya  sudah lama berpisah dengan sang ibu. Bocah TK itu kerap menangis jika tidak mendapatkan rokok.

Warga sekitar sudah resah akan kebiasaan merokok bocah lima tahun di lingkungan tempat tinggalnya. Mereka khawatir kebiasaan itu ditiru anak-anak lain.

"Anak itu sudah kecanduan. Mungkin setahunan lebih. Kami juga khawatir diikuti anak-anak kami," ujar salah seorang warga Ahmad Soleh.

Baik pihak kepolisian maupun kelurahan sudah mendatangi rumah keluarga anak ini untuk memberikan pendampingan dan imbauan kepada keluarga.

Ilustrasi Vaping

Ini Penyebab Rokok Elektrik Makin Digemari Remaja

Mereka yang sudah mencoba sulit lepas dari ketergantungan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016