KontraS: Kabareskrim Harus Bersih-bersih Kasus Kontroversi

Kabareskrim Komjen Pol Anang Iskandar Sambangi KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
- Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindakan Kekerasan (Kontras), Haris Azhar, mengapresiasi atas pertukaran jabatan kepala Badan Reserse Kriminal Polri beberapa waktu lalu.

Haris Azhar Tolak Bergabung di Tim Investigasi Testimoni

Menurut Haris, pertukaran posisi itu harus ditafsirkan secara positif oleh aktivis antikorupsi tanpa cari cela untuk berusaha menemukan kesalahan.
Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar


"Kesalahan Budi Waseso akumulatif. Ini momentum Anang Iskandar untuk bersih-bersih kasus kontroversi sebelumnya," kata Haris, Rabu, 16 September 2015.


Haris berharap, mekanisme Anang dalam memberantas korupsi harus merujuk pada manajemen penyidikan.


"Mudah-mudahan mekanisme tersebut bisa didorong. Dalam gelar perkara terhadap kasus korupsi, maka harus memeriksa kasus-kasus yang menonjol. Karena itu, harusnya Pak Anang bisa membaca itu," kata Haris.


Bukan hanya itu, Haris minta, Anang harus menunjukkan profesionalismenya dengan menjadi pemimpin yang konsisten dan bertanggung jawab terhadap tugas yang telah diembankan.


"Pak Anang harus bisa memimpin polisi. Yang harus dibangun adalah dalam proses penyidikan harus ada sinyal terhadap kasus," ucap Haris.


Maka dari itu, Haris berpesan bahwa Anang harus menempatkan posisinya sebagai kabareskrim secara jelas dengan mengusut tuntas kasus-kasus yang telah merugikan negara.


"Jangan memposisikan diri
nggak
jelas. Dia harus mendorong dan melihat laporan yang dilaporkan ICW dan kontraS," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya