Gubernur: Pernikahan Sejenis Aib bagi Bali

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika di Pekan KTT APEC
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang
VIVA.co.id - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, berang mendengar kabar ada pernikahan sejenis di Pulau Dewata.
Tujuh Tempat Wisata Terbaik di Gianyar, Pulau Bali

Gubernur mengaku belum memastikan kebenaran informasi itu, yang disebut melibatkan seorang pria warga negara asing dengan pria Indonesia dan menikah di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar. Dia menegaskan, pernikahan sejenis jelas dilarang.
Geng Satu Darah Bikin Onar di Bali, Ini Kronologinya

Menurut Pastika, tak ada hukum Indonesia yang membenarkan pernikahan sejenis. Begitu juga tak ada satu pun agama, termasuk Hindu sebagai mayoritas di Bali, yang mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Alasan Mengejutkan Mengapa Turis Asing Suka ke Bali
"Itu tidak boleh menurut Hindu, sangat dilarang. Itu aib," kata Pastika di kantornya, Denpasar, Selasa, 15 September 2015.

Dia meminta kejelasan persisnya lokasi pernikahan sejenis itu digelar Apalagi disebut-sebut pernikahan sejenis itu dihadiri seorang Pemangku (pemimpin agama Hindu).

"Kita akan tegur. Kita tanyakan ke Majelis Utama Desa Pakraman." 

Sebelumnya, warga Bali dibikin heboh dengan beredarnya foto pernikahan sesama jenis di media sosial dengan latar belakang perbukitan di Bali. Dalam akun Facebook bernama Joe Tully, terlihat jelas foto pernikahan sejenis itu berlangsung. Bahkan si pemilik akun menuliskan peristiwa penting dalam hidupnya.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya