Pangkas Regulasi, Pemerintah Segera Bentuk Tim Komite

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Sofyan Djalil, menyatakan, saat ini setidaknya ada 2.700 peraturan tingkat daerah yang menghambat bagi investor, baik dalam negeri maupun luar negeri.

IHSG Diproyeksi Menguat Pekan Ini, Modal Asing Masih Deras

Sofyan menuturkan, bentuk dari aturan tersebut sangat bervariasi, dari undang-undang (UU), peraturan pemerintah (PP), instruksi presiden (inpres), maupun peraturan menteri (permen). Menurut dia, hal ini yang menyebabkan pemerataan ekonomi di daerah jadi terhambat.

"Pada umumnya, menteri keluarkan peraturan yang makin lama makin banyak. Itu baru di tingkat pusat. Belum yang di daerah. Jadi, ekonomi kita juga terbebani," ujar Sofyan saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, Senin malam 7 September 2015.

Gebrakan Menteri Baru Jokowi Dinanti Investor

Dengan melihat kondisi tersebut, kementerian segera membentuk komite nasional, yang bertujuan untuk menata regulasi di tingkat daerah. Sofyan menjelaskan, langkah ini sebelumnya telah dilakukan oleh Korea Selatan, yang berhasil memangkas hingga 47 persen regulasi, sejak komite tersebut beroperasi.

"Kita sudah ada program untuk menyelaraskan segala macam peraturan, terutama di bidang ekonomi. Ini tren yang sudah terjadi di internasional," kata dia.

Garis Tangan Buat Dua Orang ini Tetap Jadi Menteri

Kendati demikian, Sofyan melanjutkan, pembentukan komite ini masih akan terus dikaji dalam hal kesiapan teknis. Nantinya, Bappenas akan menjadi kepala utama dari komite tersebut.

"Kami masih pelajari, apakah bisa dijalankan. Karena, ada implikasi dan keamanan-keamanan. Nanti, kami akan minta semua kementerian untuk meninjau ulang dan membeberkan target. Nanti ada tim teknis dan tim ahli," ungkapnya.

Ilustrasi.

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

Pola pergerakan akan tetap terjaga.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016