Rizal Ramli: Saya Ekonom, Disuruh Urus Maritim

Menko Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli
Sumber :
  • Mitra Angelia
VIVA.co.id
Dukung Rizal Ramli Maju Pilkada, Buruh Mulai Keliling Pabrik
- Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, membeberkan cerita tentang saat-saat dia diminta Presiden Joko Widodo untuk bergabung ke kabinet Kerja.

Rizal Ramli tentang Ahok: Serahkan pada Tuhan Menghukumnya

Rizal bercerita di depan para perwakilan Kadin daerah-daerah, saat menghadiri acara Rapimnas Kadin, di Hotel Manhattan Kuningan, Kamis malam, 3 September 2015.
Rizal Ramli Tutup Mulut Ditanya Pilkada Jakarta


Sehari sebelum pelantikan kabinet baru hasil reshuffle, kata Rizal, dia dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Bogor.


"Pak Jokowi bilang, 'Mas Rizal, saya mau Mas Rizal pimpin dan koordinator bidang maritim'," kata Rizal menirukan Jokowi.


Saat Presiden Jokowi menawarkan jabatan Menko Maritin dan Sumber Daya, Rizal mengaku ia masih ragu dan belum berani memutuskan untuk menerima tawaran Jokowi itu.


"Saya bilang, saya belum berani memutuskan, karena saya terlahir sebagai ekonom, disuruh
ngurusin
maritim," kata Rizal.


Kemudian, Rizal akhirnya menerima tawaran Jokowi menjadi Menko Maritim. Rizal mengatakan, ada satu perkataan Presiden Jokowi kepadanya sehingga ia tidak kuasa menolak tawaran Menteri dari Jokowi.


"Pak Jokowi itu memang sosok yang sangat rendah hati, dia bilang ke saya, yang minta tolong ini, bukan cuma seorang Jokowi yang Presiden, siapalah saya ini, tapi yang meminta ini rakyat Indonesia, kemudian saya akhirnya luluh," ujar Rizal.


Setelah Jokowi mengungkapkan kalimat yang menurut Rizal sangat menunjukkan kerendahan hati seorang Presiden tersebut, Rizal Ramli akhirnya menerima tawaran Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, namun dengan beberapa syarat.


"Saya bilang ke Presiden, 'Mas, saya ambil tanggung jawab ini, tapi tolong dibekingi langkah-langkah saya dalam menjalani tanggung jawab ini'," ujar Rizal.


Selanjutnya, atas jaminan itulah Menko Rizal mulai "beraksi" dengan melakukan banyak langkah berani walaupun dianggap kontroversial. Baru beberapa hari menjadi Menko, Rizal Ramli sudah terlibat konflik dengan Wapres Jusuf Kalla.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya