Penyanyi Lawas Diperiksa KPK Terkait Suap Gubernur Gatot

Gatot Diperiksa Penyidik Kejagung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id -  Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan tiga orang sebagai saksi terkait kasus dugaan suap Hakim dan Panitera Pengadilan Tata Usahan Negara (PTUN) Medan.

Salah satu saksi yang dijadwalkan akan diminta keterangannya adalah Fransisca lnsani Rahesti alias Sisca. Dia diketahui merupakan penyanyi lawas yang cukup dikenal pada tahun 1997.

Sisca akan diperiksa sebagai saksi untuk Gubernur Sumatera Utara nonaktif, Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti.

"Dia akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati, saat dikonfirmasi, Kamis 3 September 2015.

Bersama dengan Sisca, penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua orang saksi lainnya, yakni Clara Widi Wiken dengan Sulaeman Taufik. Keduanya juga akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas pemeriksaan Gatot dan Evy.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Diketahui, Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti ditetapkan sebagai tersangka kasus suap hakim PTUN Medan pada 28 Juli 2015. Mereka diduga menyediakan uang suap yang diberikan Gerry dan OC Kaligis kepada hakim dan panitera PTUN.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan enam orang tersangka dalam kasus ini, yakni, Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, dua hakim Dermawan Ginting dan Amir Fauzi, serta panitera Syamsir Yusfan sebagai penerima suap. Sementara pengacara beken OC Kaligis dan anak buahnya, M Yagari Bhastara (Gerry) ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap. Suap tersebut diberikan untuk memenangkan perkara yang diajukan Pemprov Sumut ke PTUN Medan.

Atas perbuatannya, Gatot dan Evy disangka melanggar pasal 6 ayat 1 huruf a dan pasal 5 ayat 1 huruf a atau b dan atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 64 ayat 1 dan pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024