Komjen Budi Waseso Dicopot dari Bareskrim?

Komjen Budi Waseso
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id - Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso dikabarkan akan dicopot sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Saingi Ahok, Pendukung Budi Waseso Mulai Dekati PDIP

Berdasarkan informasi di lapangan, Rabu, 2 September 2015, Budi Waseso sudah diberitahu terkait kabar pencopotannya dari Kabareskrim pada Selasa malam, 1 September 2015.

Pada Selasa malam itu pula, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti hadir ke Istana untuk menghadap Presiden Joko Widodo. Hanya saja, Badrodin mengaku menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan situasi keamanan pasca demonstrasi para buruh di berbagai daerah.

Namun diakuinya, pertemuan itu juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Kebetulan ada Wapres di situ, kami laporkan sekalian (soal demo buruh)," kata Badrodin Senin malam tadi.

Komjen Budi Waseso dikabarkan dicopot, karena dianggap mengganggu situasi ekonomi. Salah satu yang dilakukan Komjen Buwas, biasa ia disapa, adalah menggeledah ruangan Dirut Pelindo II, Richard Joost Lino, pada Jumat 28 Agustus 2015.

Akibat ini, Lino sempat mengancam mundur. Menteri BUMN Rini Soemarno juga mengaku menghubungi Kapolri saat itu. Sementara Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Sofyan Djalil, juga menghubunginya.

Kapolri sempat memberi keterangan, soal kasus yang diduga sebagai salah satu faktor terjadinya dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok itu.

"Itu kan belum dilakukan pemeriksaan (terhadap Lino). Sekarang lagi proses penyidikan. Tentu ada pemeriksaan lanjutan, saksi-saksi," kata Badrodin.

Puluhan Warga Dukung Buwas Maju di Pilkada Jakarta

Sementara itu, saat dikonfirmasi ulang terkait kabar pencopotan Komjen Budi Waseso sebagai Kabareskrim, Jenderal Badrodin yang ditemui dalam sidang kabinet paripurna, di Kantor Kepresidenan, Rabu 2 September 2015, masih bungkam.

Badrodin langsung menaiki lantai dua Kantor Kepresidenan, tempat dilakukannya sidang kabinet. Tidak ada pernyataan dari Badrodin. (ase)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal mengelak menjawab soal nama Risma.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016