Wapres: Saat Ini Buruh Jangan Minta Kenaikan Upah

Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta para buruh jangan dulu menuntut kenaikan gaji saat kondisi perekonomian seperti saat ini. Hari ini, Selasa 1 September 2015, buruh mengepung Istana Negara. Salah satu tuntutannya adalah meminta kenaikan upah.

"Dalam keadaan begini, jangan kan kenaikan upah, sekarang kan bisa orang terjadi PHK. Jangan dalam kondisi sekarang bicara kenaikan upah," kata Kalla di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa 1 September 2015.

Kondisi ekonomi yang mengalami pelemahan tidak memungkinkan kenaikan upah direalisasikan. Selain itu, menurut JK, belum saatnya kenaikan upah buruh dilakukan.

Meski meminta penundaan kenaikan upah, Kalla tidak melarang para buruh melakukan aksi unjuk rasa. "Ya demo buruh tentu hak buruh. Itu untuk mengemukakan tuntutannya," kata Kalla.

Politikus senior Partai Golkar ini menambahkan ada 10 tuntutan dari para buruh dalam aksi demonstrasi hari ini. "Masalah ini akan menjadi masalah kita semua. Masalah tuntutan ekonomi," katanya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengajak semua pihak, termasuk elemen buruh, untuk menyelesaikan masalah melemahnya eknomi secara bersama-sama.

BPS: Upah Buruh Per Februari Naik

"Bahwa kerja efisien, harus kita tingkatkan, produktivitas. Pada akhirnya kita menghemat. Hanya itu yang bisa kita selesaikan," kata Kalla. (ase)

Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016