Pansel Yakin Delapan Capim KPK Tak Bermasalah

Pansel Gelar Tes Wawancara Terbuka Capim KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK, sudah memilih delapan nama yang akan diajukan ke Presiden Joko Widodo, Selasa besok, 1 September 2015.

Ketua Pansel KPK, Destry Damayanti mengatakan, pihaknya sudah tetap memilih delapan capim itu. Dari 19 nama yang telah mengikuti tes tahap akhir, maka delapan nama yang diajukan. Destry mengaku tidak ada kesulitan dalam penentuan nama calon.

"Karena kita sudah punya kriteria-kriteria yang sudah jelas ya, jadi insya Allah delapan yang kami sampaikan itu tidak masuk dalam tersangka yang akan disampaikan Bareskrim," kata Destry, di Istana Negara,  Jakarta, Senin, 31 Agustus 2015.

Destry menambahkan, delapan nama sudah diputus oleh pansel. Meski ada perdebatan di internal, tapi seluruh nama sudah diputus dan menjadi kesepakatan pansel.

"Tentunya itu di dalam, yang penting kita keluar satu paket. Kalau di dalam ada masalah, itu wajar. Saya yakin tak terlalu signifikan," katanya.

Walau beberapa capim sudah lolos hingga tes wawancara, menurut dia bukan berarti tes-tes sebelumnya tidak dijadikan acuan. Destry mengaku, dalam penentuan delapan calon yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi besok, pihaknya memeriksa kembali hasil-hasil tes sebelumnya.

"Jadi kalau capim punya banyak catatan dan buktinya lengkap informasinya, ya kami tidak ambil risiko. Jadi kami drop," katanya.

Pimpinan Baru KPK Terpilih, Johan Budi Tersingkir

Tentukan Ketua KPK, Komisi III DPR Kembali Gelar Voting

Penghitungan suara kini tengah dilaksanakan. Agus Raharjo memimpin.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2015