Jatigede akan Dialiri, Warga Minta Ganti Rugi Diselesaikan

Hari-hari terakhir jelang penggenangan Waduk Jatigede
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Waduk Jatigede segera dialiri air dan difungsikan, Senin, 31 Agustus 2015. Sebanyak 17 desa akan ditenggelamkan bersamaan dengan direlokasikannya lebih dari 11 ribu kepala keluarga setempat.

Hingga Minggu, 30 Agustus 2015, sebagian warga memang telah merobohkan rumah mereka ke tempat yang baru. Masing-masing desa, kini hanya memiliki waktu kurang dari dua bulan lagi sebelum 17 desa yang berada di sepanjang ]

"Waswas ada, tapi mau bagaimana lagi. Kami minta proses ganti rugi kami rampung dulu. Kalau tidak kami akan terus bertahan di sini (waduk Jatigede)," ujar salah seorang warga di Desa Cipaku, Sumedang Jawa Barat Ros Rosmanah, Senin, 31 Agustus 2015.

Saat ini, sejumlah warga yang masih bersengketa terhadap proses ganti rugi masih berupaya memperjuangkan nasib mereka di pengadilan agama setempat.

'Ritual' Berburu Air di Desa Ini Menyedihkan

[]

Langkah ini berkaitan dengan keabsahan siapa calon penerima ahli waris atas ganti rugi bangunan yang hendak ditenggelamkan pemerintah di proyek .

"Kami masih tunggu keputusan dari pengadilan. Kami janji pindah, tapi ganti rugi tolong diselesaikan dulu," kata salah seorang warga dari Desa Sukakersa.

dijadwalkan akan diari oleh pemerintah pada Senin, 31 Agustus 2015. Lebih dari 11 ribu kepala keluarga terdampak dari proyek ini.

Seluruh warga disediakan kompensasi dari pemerintah dengan jumlah bervariasi. Sebanyak 4.514 kepala keluarga diberi uang senilai Rp122,5 juta dan sebanyak 6.410 kepala keluarga lagi diberi uang Rp29 juta.


Laporan: Jhon Hendra/Jawa Barat

 Foto udara Waduk Jatigede

Cek Waduk Jatigede, Jokowi Janji Semua Rampung 2016

Pembebasan lahan tinggal tersisa 614 kepala keluarga.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2016