Calonnya Digugurkan, Penantang Risma Tak Menyerah

Sumber :
VIVA.co.id - Koalisi partai penantang Tri Rismaharini dalam Pilkada Kota Surabaya, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) belum menyerah meski pasangan calon yang mereka usung didiskualifikasi atau digugurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

Partai Demokrat menganggap permasalahan yang mengganjal Rasiyo-Dhimam Abror hingga dinyatakan tak memenuhi syarat sesungguhnya bukan perkara serius. Alasannya, itu cuma soal persyaratan administratif yang bisa segera diperbaiki.
DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

“Secara prinsip enggak masalah, tinggal di-update (diperbaiki) masalahnya. Rekomendasi dari PAN tinggal diulang saja. Di mana-mana sudah yakin tidak ada masalah,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 31 Agustus 2015.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon

Sebelumnya, KPU Kota Surabaya mengumumkan, pasangan . Pasalnya, berkas pajak Abror bermasalah.

"Yang bersangkutan tidak pernah melapor ke kantor pajak, sehingga kita nyatakan TMS," kata Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin.

Masalah lain adalah berkas dokumen yang diserahkan PAN untuk Dhimam Abror berupa scan bertanggal 11 Agustus 2015, berbeda dengan rekomendasi yang diserahkan saat masa perbaikan pada 19 Agustus 2015.

Pendaftaran dibuka lagi

KPU Kota Surabaya membuka lagi masa pendaftaran calon kepala daerah pada 6-8 September 2015. Menurut Agus Hermanto, permasalahan pajak yang menjadi pengganjal Dhimam Abror tinggal diklarifikasi saja.

“Masalah pajak tinggal klarifikasi, ada hal yang kurang. Sehingga menurut kami tidak ada masalah, jangan menyalahkan KPU-nya,” ujarnya.
 
Ketika ditanya apakah Demokrat akan mengusung calon baru, Agus mengatakan belum ada rencana. Demokrat kini lebih fokus memperbaiki persyaratan yang perlu dilengkapi Dhimam.

“Persyaratan itu bisa diperbaiki, masalah hukum bisa saja diganti. Perbaikan persyaratan tidak begitu sulit, pada saat seleksi dan penelitian persyaratan."

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya