4.363 Jemaah Haji Indonesia Bergerak ke Mekah

Calon haji Indonesia saat miqat di Bir Ali, 12 km dari kota Madinah.
Sumber :
  • Dokumentasi Media Center Haji (MCH)
VIVA.co.id
Tawaf dan Rahasianya
- Sebanyak 4636 calon jemaah haji Indonesia, hari ini, Minggu, 30 Agustus 2015, mulai meninggalkan Madinah menuju Mekah untuk menunaikan ibadah umrah dan haji.

Satu Jam di Masjid Nabawi

Pemberangkatan jemaah haji menuju Mekah dilakukan secara bergelombang, dimulai setelah Salat Subuh hingga sore hari setelah Salat Ashar.
Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci


Dilansir
Media Center Haji
, Kepala Daerah Kerja Madinah, Nasrullah Jasam, mengatakan akan ada 12 kloter diberangkatkan dari Madinah ke Mekah dengan menggunakan 107 bus.


Jemaah haji gelombang pertama diberangkatkan setelah Salat Subuh sebanyak 2465 orang, disusul gelombang kedua sebanyak 1662 orang. Kemudian setelah Salat Zuhur

ada 755 orang yang diberangkatkan dan setelah Salat Ashar akan disusul 354 orang


Nasrullah menuturkan, keberangkatan jemaah haji ke Mekah harus dibagi ke dalam beberapa gelombang, menyesuaikan aturan yang berlaku di Madinah.

 

"Jadi, peraturan di Kementerian Haji Madinah ini untuk per jamnya hanya dibatasi untuk 3000 jemaah. 3000 jemaah itu bukan dari Indonesia saja, tetapi dari seluruh dunia," ujar Nasrullah.


Menurut Nasrullah, kebanyakan jemaah haji Indonesia diupayakan berangkat ke Mekah setelah subuh, agar selama di perjalanan tidak terlalu panas. Oleh karena itu, sebelumnya, pihak Daker Madinah bergerak cepat menginput data jemaah supaya bisa mendapatkan jatah keberangkatan yang banyak di pagi hari.


"Jadi, kita berebut dengan jemaah lain," ungkap dia.


Untuk esok hari, Nasrullah menambahkan, Tim Daker Madinah juga sudah mengupayakan agar sebagian besar jemaah haji asal Indonesia dapat diberangkatkan ke Mekah pada pagi hari.


"Untuk besok itu sebagian besar berangkat pagi dari mulai pukul 07.00 Waktu Arab Saudi sampai pukul 11.00 men jelang siang, kemudian sisanya ada sekitar 3 atau 4 kloter dari ba’da dzuhur sampai pukul 17.00," imbuhnya. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya