Siang Ini, Bandara Samratulangi Manado Kembali Dibuka

Letusan Gunung Lokon
Sumber :
  • ANTARA/Fiqman Sunandar
VIVA.co.id
Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang
- Sebanyak sembilan jadwal penerbangan di Bandara Samratulangi, Manado, Sulawesi Utara, sempat mengalami penundaan, Minggu, 30 Agustus 2015. Penundaan terjadi akibat letusan Gunung Lokon yang mengeluarkan abu vulkanik sehingga menyebabkan minimnya jarak pandang.

Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara

Sembilan maskapai yang sempat ditunda keberangkatannya adalah tujuan Manado - Makassar, Manado - Jakarta, Manado - Balikpapan, Manado - Surabaya, Manado - Sorong, Manado - Denpasar, dan Manado - Ternate.
Gamalama Meletus, Penumpang Pesawat Pindah ke Kapal Laut


Ratusan penumpang yang terlantar hanya bisa menunggu di ruang tunggu bandara. Pihak pengelola maskapai hingga saat ini juga belum memberikan kepastian kapan waktu keberangkatan pesawat.


Meski demikian, Angkasa Pura memastikan Bandara Samratulangi akan segera dibuka siang ini. Mengingat jarak pandang di Kota Manado menjelang siang mulai berangsur normal.


"Diperkirakan sekitar pukul 13.00 WITA, penerbangan kembali dibuka," kata Humas Bandara Samratulangi, Ilham Hasan.


Sejak meletus pada 20 Mei 2015 lalu, aktifitas Gunung Lokon yang berada di Tomohon, Sulawesi Utara, terus mengalami peningkatan. Tingginya aktifitas yang ditimbulkan membuat Gunung Lokon kembali erupsi pada Sabtu malam, 29 Agustus 2015.


Gunung Lokon meletus dan mengeluarkan abu vulkanik disertai dentuman keras pada Sabtu malam, pukul 23.48 WITA. Tinggi material vulkanik Lokon mencapai 1.500 meter, mengarah ke Timur Utara.


Sementara daerah yang diperkirakan terdampak abu vulkanik adalah sebagian Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara. Warga dihimbau tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km dari puncak gunung. (ren)



Marwan Dias Aswan / tvOne Manado

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya